19 Jul 2017

Kolaborasi Penelitian Telkom University dan Hanbat National University Korea

Bandung, Telkom University – Sejumlah 30 mahasiswa dari Telkom University dan Hanbat National University Korea melakukan Penelitian Kolaboratif untuk Capstone Design, yang dilaksanakan mulai dari, minggu (9/07) hingga Sabtu, (15/07). Kolaborasi antara Telkom Univesity dan Hambat National University bertujuan untuk memecahkan problematika yang ada di masyarakat dengan sudut pandang yang berbeda. Kegiatan ini diawali dengan mengunjungi Badan Penelitian Tanaman Sayur di Lembang. Observasi mahasiswa dari kedua universitas ini diharapkan mampu mencari solusi terhadap permasalahan yang ada dilapangan.

Profesor dari Hanbat National University, Dong Hoo Lee Ph.D mengungkapkan bahwa kolaborasi seperti ini harus terus dilakukan secara berkala, mengingat perguruan tinggi memang sudah semestinya memberikan dampak bagi lingkungan sekitar.

“Kita sedang melakukan kolaborasi penelitian untuk capstone design dengan beberapa mahasiswa yang bekerjasama bersama mahasiswa telkom (university) untuk melakukan analisis masalah di lapangan dan kami harap kolaborasi ini sukses dan berkelanjutan” ungkapnya.

Capstone design sendiri merupakan kesempatan bagi para mahasiswa untuk terjun langsung kelapangan untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan industri berdasarkan hasil penelitian. Menerapkan apa yang dipelajari di perkuliahan mulai dari proses perancangan teknik, fungsi, konsep, analisis, resiko, dan menciptakan prototype nyata.

Selama satu minggu penuh tidak kurang 30 mahasiswa dari dua negara melakukan ‘blusukan’ ke daerah pertanian di Lembang, Jawa Barat. Para mahasiswa menganalisis langsung masalah di sektor pertanian dan membuat beberapa prototype produk untuk membantu para petani di daerah yang dikunjungi. Pembuatan prototype dilakukan di Fakultas Teknik Elektro, beragam latar belakang jurusan dari kedua tim membuat proses penelitian berlangsung kondusif.

Kolaborasi penelitian antara kedua universitas kabarnya akan berlanjut pada bulan November mendatang, produk hasil penelitian akan di ikut sertakan di Engineering Education Festival 2017.

Hanpy Faturrahman

Previous Article Next Article

Leave a Reply