Telkom University – Manajemen merupakan hal yang pokok dalam perusahaan. Pernahkah kamu berfikir mengapa perusahaan besar seperti Google, Apple, atau Unilever dapat berkembang dengan pesat? Apa rahasia mereka untuk tetap stabil di tengah kondisi persaingan global yang ketat? Ya, jawabannya terletak pada manajemen yang efektif.
Lalu, apa itu manajemen? Apa hanya sekedar “merencanakan” dan “mengelola”? Untuk mengetahui hal tersebut, simak artikel ini sampai habis, yuk!
Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
1. Kamars (2015)
Menurut Kamars, manajemen adalah serangkaian upaya untuk memanfaatkan berbagai sumber daya yang bersifat fisik atau non fisik, untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau masalah dengan baik.
2. Winardi (2016)
Pengertian manajemen menurut Winardi adalah sebuah proses khas yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan, serta pengawasan yang dilakukan untuk melakukan dan mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lain.
3. Wibowo (2007)
Wibowo mengartikan manajemen sebagai sebuah proses sumber daya organisasi yang melibatkan orang lain di dalamnya untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif.
4. Bartol dan Martin (2015)
Menurut Bartol dan Martin, manajemen adalah proses untuk mencapai tujuan organisasi dengan melakukan kegiatan dari empat fungsi utama yang meliputi merencanakan, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan.
5. Follet dan Danim (2010)
Manajemen menurut Follet dan Danim adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain, dalam hal ini seorang manajer lah yang bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
6. Gibson, Donelly, dan Ivancevich (2015)
Menurut Gibson, Donelly, dan Ivanevich manajemen adalah suatu proses yang dijalankann oleh satu atau lebih individu untuk mengoordinasikan berbagai aktivitas lain guna mencapai hasil-hasil yang tidak bisa dicapai jika satu individu bertindak sendiri.
Dari beberapa pendapat ahli di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa pengertian manajemen adalah suatu proses atau serangkayan upaya yang dijalankan untuk mengatur serta memanfaatkan sumber daya, baik fisik maupun non-fisik dengan melibatkan orang lain untuk mencapai tujuan yang dituju. Proses ini mencakup beberapa fungsi utama, mulai dari perencanaan, pengorganisasian,, penggerakan, serta pengendalian atau pengawasan.
Umumnya aktivitas manajemen bukan hanya sekedar merencanakan dan mengelola saja, akan tetapi mencakup aktivitas lainnya seperti menentukan tujuan, mengambil keputusan, megalokasi sumber daya, berkomunikasi dengan stakeholder, serta memonitor progress.
Dengan lingkup kerja yang cukup umum dan luas, para manajer dapat bekerja di berbagai bidang dalam organisasi seperti operasional, pemasaran, keuangan, hingga sumber daya manusia.
Baca Juga: Teknik Industri & Manajemen Rekayasa Industri: Apa Perbedaannya?
Tujuan Manajemen
Tujuan manajemen ini bisa tercapai apabila dilakukan secara terogranisir dan terkontrol. Adapun tujuan manajemen lainnya, beberapa diantaranya adalah:
- Melakukan peinjauan terhadap pelaksanaan fungsi manajemen dan cara kerja organisasi saat menjalankan tugasnya.
- Membantu organisasi untuk beradaptasi dengan ligkungan, baik internal maupun eksternal agar tetap relevan, produktif, dan kompetitif.
- Dengan manajemen yang baik, keputusan yang diambil didasarkan pada data serta analisis yang tepat, sehingga menghasilkan solusi yang lebih baik untuk masalah yang dihadapi.
- Mengembangkan kemampuan karyawan atau anggota organisasi sesuai dengan bidangnya.
- Memberi motivasi terhadap karyawan atau anggota organisasi secara positif.
Unsur-Unsur Manajemen
Manajemen memiliki enam unsur utama yang dikenal sebagai 6M, yaitu Man, Method, Machine, Material, Money, dan Market. Berikut penjabarannya:
1. Man
Man atau sumber daya mansia adalah unsur utama yang paling penting dalam manajemen karena merekalah yang mengelola dan mengoperasikan unsur lainnya. Manajemen sumber daya manusia dapat mencakup segala aspek yang dapat mendorong kemajuan perusahaan. Setiap individu memiliki karakteristik dan kepribadian yang berbeda. Oleh karena itu, seorang manajer harus memiliki kemampuan untuk memanajemen sumber daya manusia, yag meliputi karyawan atau anggota organisasi. Untuk mendapatkan sumber manusia dengan baik, seorang manajer harus memiliki kemampuan intrapersonal yang baik.
2. Method
Dalam melakukan kegiatan manajemen, seseorang dapat menerapkan beberapa macam metode yang telah ada atau metode manajemen sendiri untuk mencapai suatu tujuan perusahaan atau organisasi. Metode dibutuhkan guna memastikan kegiatan manusia sesuai dengan prosedur kerja standar. Sebelum menerapkan metode yang akan digunakan, manajer dapat melakukan trial and error untuk memastikan metode seperti apa yang cocok untuk organisasi atau perusahaan mereka.
3. Machine
Machine atau Mesin merupakan salah satu sarana penunjang dalam kegiatan perusahaan agar pekerjaanberjalan lebih efektif dan efisien. Yang dimaksud mesin di sini mencakup segala jenis teknologi yang digunakan oleh organisasi atau perusahaan seperti mesin berat, komputer, laptop, serta sumber daya teknologi lainnya. Seorang manajer perlu menentukan jenis teknologi yang cocok, agar tidak ada mesiin yang akhirnya tidak digunakan atau terbengkalai.
4. Material
Seiring dengan mesin, unsur penting lain dalam manajemen adalah material dan harus diolah dengan bijak guna menghindari kelebihan atau kekurangan persediaan. Manajemen material diperlukan untuk memilih bahan yang memiliki kualitas yang sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan. Perencanaan stok serta pencatatan keuangan perlu dilakukan dengan teliti untuk memastikan penggunaan modal yang efisien.
5. Money
Uang merupakan unsur manajemen yang tidak boleh disepelekan oleh orang-orang dalam manajemen. Seperti yang sudah diketahui bahwa uang adalah sesuatu yang sangat penting tidak hanya dalam manajemen saja, akan tetapi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, seorang manajer prusahaan di bidang keuangan harus memastikan money flow perusahaan berjalan dengan lancar dan baik agar dapat menghasilkan pengeluaran yang optimal.
6. Market
Terakhir, perusahaan atau organisasi perlu memahami arah pasar yang dituju. Manajemen pasar mencakup kegiatan riset pasar, hingga analisis dan pengelompokan data pasar sesuai kebutuhan perusahaan. Dengan melakukan manajemen pasar, perusahaan mampu memasarkan dan menjual produk mereka kepada market yang dituju. Selain itu, pemahaman akan pasar ini berguna untuk mengetahui halangan dan rintangan yang ada di dalamnya.
Halangan dan rintangan yang dimaksud dapat berupa perusahaan atau organisasi kompetitor, pencarian Sumber Daya Manusia (SDM) yang sesuai, serta perilaku konsumen. Dengan manajemen yang baik, masalah-masalah tersebut dapat teratasi serta melanjutkan kegiatan perusahaan atau organisasi dengan baik.
Setiap unsur saling terkait, sehingga semuanya perlu dikelola secara efektif agar sebuah perusahaan atau organisasi dapat mencapai tujuannya dengan manajemen yang efektif dan efisien.
Baca Juga: Pentingnya Belajar Mandiri terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Dunia Perkuliahan
Fungsi Manajemen
1. Planning
Planning atau perencanaan merupakan fungsi manajemen yang paling mendasar. Proses ini penting dilakuka di awal untuk meminimalisir terjadinya kesalahan.
2. Organizing
Organizing dapat diterapkan pada unsur-unsur manajemen yang ada. Misalnya pengorganisasian sumber daya manusia (man) sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing atau pengorganisasian bahan baku (material) sesuai dengan kebutuhan organisasi sesuai arahan, sehingga perusahaan atau organisasi dapat mencapai target mereka.
Kegiatan Organizing memang cukup memakan waktu, setiap orang yang memiliki prinsip dan pemikiran yang berbeda dengan perusahaan atau organisasi. Namun apabila dijalani dengan manajemen yang baik, maka perusahaan atau organisasi akan mendapatkan hasil yang baik di masa mendatang.
3. Leading
Pemilihan pemimpin dalam sebuah manajemen dalam sebuah perusahaan atau organisasi merupakan langkah yang cukup krusial karena dapat menentukan ke mana arah manajemen tersebut di masa mendatang. Apakah manajemen akan berjalan dengan baik atau tidak, pemimpin di sini menjadi salah satu kunci.
Seorang pemimpin yang baik ditutut mampu untuk menyampaikan visinya dengan jelas kepada tim melalui komunikasi yang efektif. Dengan demikian, tim tetap termotivasi dan semangat untuk mencapai suatu tujuan bersama. Selain visi, tim juga perlu memahami misi, yang merupakan langkah-langkah yang harus diambil guna mencapai visi tersebut.
Pemilihan pemimpin Pada proses leading inilah leadership mulai diuji. Seorang manajer harus menunjukkan kepribadian, kuasanya, pengaruh, hingga keterampilann komunikasi mereka untuk mengelola tim agar tetap bersinergi.
4. Controlling
Tahap pengawasan ini merupakan tahap di mana seorang manajer mulai mengevaluasi kinerja tim dalam mencapai tujua serta tage yang telah ditentukan di awal. Seorang manajer dapat mengevaluasi kinerja yang baik dalam tingkat individu, tim, atau organisasi secara keseluruhan dengan standar tolak ukur performa tertentu.
Demikian penjelasan mengenai Manajemen. Untuk menjalankan proses manajemen yang efektif, seorang manajer harus memiliki kemampuan , interpersonal, konseptual, teknikal, serta kemampuan beradaptasi di berbagai macam situasi yang kompleks.
Telkom University (Tel-U) hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik di bidang Management. Program S1 dan S2 Management dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan kepemimpinan, kemampuan bisnis, serta inovasi berbasis teknologi yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja yang kian berkembang. Dengan kombinasi teori dan praktik yang kuat di program S1 maupun S2, kamu akan memiliki bekal yang kuat untuk berkarir di berbagai bidang seperti pemasaran, keuangan, sumber daya yang jelas dari program S1 Managemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika Telkom University dan S2 Managemen Telkom University, serta menekankan pentingnya keterampilan manajemen dalam karir bisnis. Tunggu apa lagi? Segera langkahkan kakimu ke jenjang Sarjana Manajemen Bisnis dengan mengikuti Program Studi Management Telkom University!
Penulis: Adinda Cantika Putri | Editor: Adrian Wiranata | Foto: Public Relations