Pertahankan Penyediaan Pendidikan Berkualitas, Telkom University Lakukan Resertifikasi Audit ISO 21001:2018

Foto Artikel 35

Bandung, 22 April 2024 – Sebagai upaya untuk terus menyelaraskan kegiatan institusi dengan kebijakan serta visi dan misi, Telkom University (Tel-U) melaksanakan resertifikasi audit ISO 21001:2018 yang dimulai pada Senin (22/4).  Audit kali ini akan berlangsung selama sepekan sejak 22 – 30 April 2024 dan dilakukan oleh auditor dari British Standards Institution (BSI), yakni Danang Gunarto, Sofyan Hadi S., dan Doto Kholil. Resertifikasi audit dilakukan terhadap seluruh direktorat dan fakultas di lingkungan Tel-U dan mencakup seluruh klausul yang terdapat pada ISO 21001:2018. 

Proses resertifikasi audit diawali dengan interview bersama top management yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik sekaligus QMR (Quality Management Representative), Dr. Dadan Rahadian, dan Direktur Sekretariat dan Perencanaan Strategis, Dr. Anisah Firli. Sesi ini dilakukan dengan dua auditor sekaligus, yakni Danang Gunarto dan Sofyan Hadi S., untuk mengaudit klausul 5.1, 5.2, 5.3, 7.1, dan 10. 

Menurut Dadan, sertifikasi audit ini memberikan manfaat tersendiri bagi Tel-U terutama dalam mengelola keunggulan kinerja.  

“Standar pendidikan ini penting bagi Tel-U, karena di samping mengelola kurikulum, dalam konteks akademik, standar ini bermanfaat dalam pengelolaan institusi. Banyaknya SOP yang menjadi perhatian membuat Telkom University memiliki standar mutu yang terkontrol bahkan memperoleh penghargaan, baik dari LLDIKTI atau bahkan pemeringkatan universitas,” ungkap Dadan. 

Standar ISO 21001:2018 sendiri merupakan sistem manajemen organisasi pendidikan yang disesuaikan dari ISO 9001:2015. Standar ini dirumuskan secara khusus untuk sektor pendidikan agar dapat mencapai tujuan dan menjalankan fungsi utamanya, yaitu menyediakan pendidikan yang berkualitas. Resertifikasi ini dilakukan sebagai proses verifikasi organisasi yang berfungsi untuk memastikan kepatuhan organisasi terhadap standar yang ditentukan, meningkatkan kinerja, dan manajemen risiko. Resertifikasi ISO 21001:2018 ini dilakukan setelah Tel-U sebelumnya memperoleh sertifikasi audit ISO 21001:2018 pada tiga tahun sebelumnya, yaitu 2021. 

Penulis : Aqila Zahra Qonita | Editor : Adrian Wiranata | Foto : Public Relations 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *