23 Nov 2015

Berkat Omed-Omedan, Mahasiswa FKB Juara 1 Lomba Fotografi

BANDUNG, TEL-U – Kadek Agus Arya Chandra Wijaya, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University (FKB Tel-U), menjadi Juara 1 “Lomba Fotografi Nasional” yang diselenggarakan di Gedung Achmad Sanusi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Lomba ini diselenggarakan berkaitan dengan Festival Budaya Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia 2015.

Acara yang berlangsung pada 5 Oktober hingga 16 November 2015 ini merupakan hasil kerjasama UPI dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Pada ajang ini, Arya, begitu mahasiswa ini kerap disapa, berhasil menaklukan 149 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Arya yang mengambil tema kebudayaan menampilkan obyek foto berupa salah satu tradisi dari kelompok warga Kaja, Desa Adat Sesetan, Denpasar, yaitu Omed-Omedan. “Omed-Omedan berarti tarik-tarikan dalam Bahasa Indonesia, yaitu salah satu tradisi yang diadakan rutin satu tahun sekali setelah perayaan Hari Nyepi, tepatnya pada Hari Ngembak Geni untuk menyambut tahun baru Saka,” ujar Arya.

Dengan karya foto Omed-omedan ini, Arya meraih jumlah poin tertinggi sehingga keluar sebagai juara 1. Sedangkan Juara 2 diraih Tatang Solehudin dari Kabupaten Bandung Barat dengan tema Pendidikan dan Juara 3 diraih oleh Ayatullah Victoreza dari Universitas Pendidikan Ganesha Bali dengan mengambil tema sosial.

Pria yang mulai belajar fotografi pada om dan kakak sepupunya itu mengaku fotografi merupakan hobbi yang dia sukai meski terkadang ada kendalanya seperti biaya peralatan fotografi yang relatif mahal. Solusinya, dia harus rela menyisihkan uang jajannya untuk ditabung. “Ini sudah passion saya, ya jalani saja. Masih bisa saya atasi dengan cara menabung” tuturnya. (purel/BRR)

Previous Article Next Article

Leave a Reply