S1 PJJ Informatika

Sekilas Tentang

Program Studi S1 PJJ Informatika merupakan Program Studi Sarjana Informatika dengan mekanisme pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Program studi ini telah mendapatkan izin operasional sesuai Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 472/KPT/I/2019. Penyelenggaraan Program Studi PJJ Informatika terpisah dengan Program studi Informatika reguler. Namun demikian, Program studi PJJ Informatika memiliki kurikulum dan capaian pembelajaran yang sama dengan Program Studi Informatika reguler, yang membedakan adalah metode pembelajarannya.

Dalam penyelenggaraan PJJ, Universitas Telkom menyediakan Pusat Belajar Jarak Jauh (PBJJ) yang saat ini tersedia dan telah mendapat ijin di kota Makassar. PBJJ merupakan unit fungsional di bawah pengelolaan perguruan tinggi yang berfungsi memberikan dukungan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan belajar, praktik, praktikum, ujian dengan pengawasan, dan/atau tutorial bagi Mahasiswa yang secara geografis mudah diakses oleh Mahasiswa.

Keunggulan

Program Studi S1 PJJ Informatika memiliki kurikulum dan capaian pembelajaran yang sama dengan Program Studi S1 Informatika reguler dengan perbedaan di metode delivery perkuliahan. Keunggulan yang ditawarkan di program studi ini adalah fleksibilitas dalam proses pembelajaran. Proses belajar dapat dilakukan kapan saja (anytime) dan di mana saja (anywhere) dengan dukungan perangkat belajar dan jaringan komunikasi yang memadai, untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Visi

Menjadi program studi pendidikan jarak jauh berkelas dunia yang berbasis riset dan teknopreneur pada tahun 2023, yang berperan aktif dalam pengembangan ilmu informatika khususnya sistem cerdas, yang bermanfaat untuk masyarakat dan pembangunan nasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berstandar internasional berbasis teknologi informasi
  2. Melaksanakan riset, mengembangkan dan menyebarluaskan hasil riset dalam bidang informatika untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan industri yang diakui secara internasional.
  3. Memanfaatkan ilmu informatika untuk memberikan solusi pada masalah masyarakat dan lingkungan melalui pengembangan kompetensi entrepreneurial.

Prospek Karir

Profil Program Studi