S2 Ilmu Forensik

Sekilas Tentang

Keunggulan

Program magister keamanan siber dan forensik digital di Universitas Telkom merupakan program studi pertama di Indonesia yang bernomenklatur khusus ilmu forensik – Infokom dengan bidang keamanan siber dan forensik digital sehingga prospek kerja lulusan sangat terbuka dan sangat dibutuhkan. Selain itu, program studi kami juga telah terakreditasi ‘Baik’ oleh BAN-PT.

Visi

Menjadi program studi magister bereputasi nasional dan internasional yang berperan aktif dalam pengembangan pengetahuan dan keahlian dalam bidang ilmu forensik, khususnya forensik digital dan keamanan siber, pada tahun 2026

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan program magister yang berstandar internasional untuk bidang ilmu forensik, khususnya forensik digital dan keamanan siber.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk bidang ilmu forensik, khususnya forensik digital dan keamanan siber, yang bermanfaat untuk pembangunan nasional.
  3. Berkontribusi dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang ilmu forensik, baik pada komunitas profesi forensik digital maupun bidang yang relevan dengan penerapan forensik digital dan keamanan siber.
  4. Berkolaborasi dengan industri, pemerintah dan alumni dalam rangka mengembangkan technopreneurship bidang ilmu forensik, khususnya forensik digital dan keamanan siber, yang bermanfaat bagi masyarakat.

Prospek Karir

  1. Forensic Examiner
  2. Computer Forensic Analyst
  3. Security Designer atau Security Architect
  4. Security Risk Analysis and Management
  5. Network security analyst
  6. Akademisi