S1 Teknik Biomedis

Sekilas Tentang

Program studi S1 Teknik Biomedis Telkom University (Tel-U) dibentuk untuk mencetak generasi penerus yang memiliki kemampuan analisis yang kuat di bidang spesialisasi instrumentasi biomedis dan aplikasi TIK di bidang kesehatan. Dengan kemampuan tersebut, lulusan program ini diharapkan mampu menjawab tantangan dunia kerja di bidang perancangan alat kesehatan, pengolahan sinyal dan citra medis, rekayasa klinis, rehabilitasi medik, dan teknologi TIK dalam memenuhi pelayanan kesehatan secara online. Prodi Teknik Biomedik memiliki tenaga pengajar unggulan yang berkompeten di bidangnya. Dosen juga aktif melakukan penelitian yang difokuskan pada sistem komunikasi dan aplikasinya di bidang biologi, elektronika dan mekanika. Teknik Biomedis merupakan salah satu jurusan yang memiliki minat tinggi terhadap Tel-U. Mahasiswa di departemen ini juga memiliki kualifikasi yang sangat baik. Dengan pendidikan yang diterimanya, mahasiswa ditantang untuk menyelesaikan masalah kesehatan di dalam negeri, seperti membuat alat bantu organ dan alat bantu bagi penyandang disabilitas. Meski terbilang baru, Jurusan Teknik Biomedis memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Sebagai negara berkembang, Indonesia membutuhkan lebih banyak tenaga ahli di bidang ilmu dan teknologi kesehatan. Di bidang kewirausahaan, bisnis alat kesehatan juga sangat menjanjikan untuk dimasuki di era saat ini, khususnya di bidang TIK untuk kesehatan. Selain itu, beberapa instansi yang dapat menjadi peluang karir adalah laboratorium kesehatan, pengembang perangkat lunak kesehatan, instansi pemerintah, perusahaan obat atau farmasi, rumah sakit, lembaga penelitian, dan tenaga pengajar di perguruan tinggi.

Keunggulan

Teknik Biomedis merupakan multidisiplin ilmu pengetahuan di bidang teknik, biologi, dan kedokteran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan mengintegrasikan ilmu teknik dengan ilmu biologi dan praktik klinis kedokteran. Teknik Biomedis Telkom University merupakan salah satu prodi teknik biomedis dari 3 prodi teknik biomedis di jawa barat. Dengan menyandang predikat kampus swasta terbaik di Indonesia, fasilitas yang ditawarkan tentunya dapat menunjang pembelajaran mahasiswa selama kuliah di program studi teknik bomedis. Lulusan juga dapat bekerja baik di sektor industri alat kesehatan, rumah sakit, lembaga riset maupun di lingkungan akdemisi.

Visi

Menjadi Program Studi berstandar internasional yang menghasilkan SDM unggul yang berperan aktif dalam riset dan kewirausahaan dalam bidang teknik biomedis berbasis teknologi informasi

Misi

  1. Mempersiapkan lulusan yang unggul di bidang teknologi biomedis dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk mendorong pertumbuhan intelektual.
  2. Berkontribusi dalam pengembangan ilmu dan teknologi di bidang teknik biomedis untuk mendorong inovasi perangkat penunjang kesehatan berbasis teknologi di lingkup global.
  3. Membangun jaringan kemitraan yang kuat dengan pemangku kepentingan di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan industri.
  4. Menyelenggarakan program kewirausahaan di bidang teknik biomedis berbasis teknologi informasi.

Prospek Karir

  1. Peneliti
  2. Dosen
  3. Engineer di rumah sakit
  4. Startup bidang medis
  5. Distributor alat kesehatan,r
  6. Bagian pengadaan di kemenkes
  7. Bagian pengadaan di dinkes kabupaten kota
  8. Engineer di industri obat dan jamu
  9. Engineer di perusahaan multinasional
  10. Pengadaan di dinkes provinsi/daerah

Profil Program Studi