Pada umumnya kehidupan kuliah di Teknik Elektro tidak jauh berbeda dengan kehidupan kuliah di jurusan teknik lain nya, yaitu kuliah, praktikum, mentoring, dan lain lain. Namun, bagi kalian yang tertarik dengan dunia akademis, riset, atau ingin memperdalam pengetahuan tentang dunia “Teknik Elektro”, kampus telah menyediakan berbagai fasilitas berupa laboratorium, ruang praktikum, alat yang memadai dan menunjang perkuliahan. Adapun beberapa laboratorium yang dinaungi oleh prodi S1 Teknik Elektro melalui kelompok keahlian Sistem Elektronika :

  1. Information and Automation Control System (INACOS), Biomedical Signal Processing and Instrumentation (BioSPIN),
  2. Electronics and Industrial Automation (ELITIA),
  3. Perancang Sistem Elektronika (PSE),
  4. Dasar Sistem Kontrol,
  5. Elektronika, dll.

Program Studi S1 Teknik Elektro yang berakreditasi A berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 2249/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016 berlaku hingga tanggal 13 Oktober 2021 dirancang dengan total beban 144 sks untuk lama studi 4 tahun/8 semester akan tetapi telah disediakan pula perencanaan studi melalui Skema Kurikulum Akselerasi 3,5 tahun/7 semester. Mahasiswa akan diberikan peminatan belajar mengenai :

  1. Membangun Aplikasi Perangkat Keras Sistem Elektronika, Biomedika, dan Kendali,
  2. Akuisisi dan Pengolahan Sinyal (Elektrik, Biologis, dan Fenomena Fisis), dan
  3. Implementasi Algoritma Kendali dalam Sistem Elektro-Mekanik, Sistem Otomatisasi, atau Robotika.

Mata Kuliah Wajib

Program Studi (prodi) S1 Teknik Elektro memiliki tiga konsentrasi yaitu teknik elektronika, teknik kendali/sistem kontrol, dan teknik biomedis. Untuk menghasilkan lulusan yang bisa menganalisa permasalahan dalam jurusan tersebut, dan dapat mengajukan solusi keteknikan yang logis baik secara sistemik maupun praktek, mata kuliah yang mendukung metode yang benar dan tepat seperti Kalkulus, Fisika, Paktikum Fisika 1A, Algoritma dan Pemrograman, dan Praktikum Algoritma dan Pemrograman. Teknik elektronika mempelajari tentang komponen elektronika, elektronika analog, elektronika digital, dll. Teknik kendali atau sistem kontrol membahas tentang perancangan kendali perangkat elektrik, robotik, sistem otomatisasi industri, dan lain-lain. Sedangkan teknik biomedis mempelajari tentang perancangan sistem biomedis, pengukuran biomedis, intrumentasi biomedis, dll

Peluang Karir

Lulusan prodi ini dapat memiliki peluang berkarier menjadi:

  1. Tenaga Profesional di Bidang Sistem Elektronika, Sistem Kendali, atau Teknik Biomedika
  2. Peneliti di Bidang Sistem Elektronika, Sistem Kendali, atau Teknik Biomedika
  3. Technopreneur di Bidang Sistem Elektronika, Sistem Kendali, atau Teknik Biomedik berbasis TIK

Lulusan prodi S1 Teknik Elektro Universitas Telkom dapat pula bekerja sebagai teknisi SCADA, intrumentasi untuk oil & gas, instrumentasi biomedika, teknisi sistem persinyalan kereta api, teknisi sistem kendali pesawat terbang, desainer PCB, desainer IC, peneliti pada lembaga penelitian, dosen perguruan tinggi, dan masih banyak lagi.