07 Mar 2017

Wantiknas Ajak Telkom University Kembangkan TIK

BANDUNG, Telkom University –  Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas) menyambangi Telkom University guna pengembangan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia. Pertemuan ini berlangsung di Gedung Bangkit Lt.5 Telkom University, Senin (6/3).

Garuda Sugardo selaku anggota Tim Pelaksana (Timlak) yang juga Ketua Pokja Infrastruktur dan Perangkat Keras Dewan TIK Nasional (Wantiknas) mengatakan saat ini sudah ada 4 perguruan tinggi yang tergabung di Wantiknas, dan Telkom University sebagai salah satu kampus yang berbasis ICT sangat cocok menjadi bagian dari kerjasama untuk pengembangan TIK di Indonesia.

“kami harap Telkom University menjadi perguruan tinggi kelima yang bergabung bersama kami untuk pengembangan TIK di Indonesia, karena saat ini sudah banyak alumni dari Tel-U yang bergerak dalam industry TIK” ucap Garuda.

Sesuai dengan program kerja Wantiknas tahun 2016 untuk merumuskan konsep NGCIO (National Government Chief ICT officer), menyusun konsep smart city dan merumuskan konsep migrasi data ke data center, Garuda mengatakan bahwa pengembangan smart city dan e-government saat ini tidak akan lepas dari peran perguruan tinggi yakni menciptakan SDM yang kompeten dalam bidang TIK.

“salah satu syarat agar berhasilnya sebuah e-government dan smart city adalah memiliki SDM TIK yang kompeten agar menciptakan pengembangan inovasi digital” katanya.

Dalam pertemuan tersebut Rektor Telkom University Prof Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Ph.D., mengatakan bahwa Telkom University siap untuk membantu Wantiknas dalam pengembangan ICT karena sesuai dengan visi Tel-U yakni menjadi universitas kelas dunia yang berkontribusi dalam pengembangan ilmu dan seni yang berbasis ICT.

“terimakasih sebelumnya kami sudah diajak bergabung dalam anggota Wantiknas, dan kami siap untuk mengembangkan bangsa Indonesia yang berbasis ICT” ucap Rektor.

Rektor berharap agar kedepannya Telkom University bisa masuk dalam dewan TIK nasional dan kolaborasi ini bisa menciptakan e-government dan smart city yang baik untuk Indonesia.

“kami harap kerjasama Wantiknas dengan perguruan tinggi di Indonesia khususnya Telkom University bisa membantu dalam pengembangan TIK di Indonesia” ucapnya.

 

Adrian