16 Dec 2015

Dua Mahasiswa DKV Raih Juara Ketiga Bandung Visualthon 2015

BANDUNG, TEL-U – Shani Nur Muhammad dan Ryan Winaryo mahasiswa Prodi Disain Komunikasi Visual Fakultas Industri Kreatif Telkom University (DKV FIK Tel-U) angkatan 2012 menjadi juara kompetisi membuat infografis data layanan publik bertajuk “Bandung Visualthon 2015”  yang diselenggarakan oleh ITB, Kamis, (26/11).

Kompetisi ini diiukti oleh 160 mahasiswa 80 tim yang datang dari berbagai kota di Indonesia antara lain Bandung, Jakarta dan Yogyakarta. Selama 12 jam mereka berlomba di Aula Timur ITB. Kompetisi “Bandung Visualthon 2015” ini menantang peserta membuat infografis dari bahan sumber data Pemerintah Kota Bandung. “Tujuannya, agar data tersebut memikat serta publik mudah membacanya dan mengerti,” kata Shani Nur Muhammad.

Menurut Shani mereka diberi waktu 12 jam untuk membuat desain di tempat. Pembagian waktunya tiga jam untuk konsep, sketsa, dan brainstorming. Nah sisanya untuk eksekusi desain,” ujarnya. Sehari sebelumnya seluruh perwakilan peserta diberi pembekalan materi teknik-teknik dan kiat pembuatan infografis oleh Redaktur Kreatif Tempo Media.

“Kami mendapat tema pariwisata dari ribuan isu yang bisa diangkat. Pariwisata kami pilih sebagai topik desain karena melihat dari data yang ada bahwa pariwisata mampu dengan luwes divisualisasikan, katanya.

Setelah itu, lanjut Shani, mereka memikirkan hierarki desain yang baik, segmentasi infografis yang dituju untuk siapa dan bagaimana penggayaan visual dan warna yang tepat untuk divisualisasikan. “Segmentasi yang kami pilih yaitu untuk para turis luar negeri yang datang ke Bandung, dengan kisaran umur 20-45 tahun dengan gender lelaki dan perempuan,” katanya.

Setelah lomba selesai selama 12 jam, dewan juri kemudian menentukan 20 tim finalis. Dari 20 finalis itu, dewan juri memilih juara pertama, kedua, dan ketiga, lalu diumumkan pada 5 Desember 2015 di Pendopo Kota Bandung.

Dengan judul poster infografis “Top Tourism Destination in Bandung, West Java, Indonesia”, Tim DKV Tel-U meraih juara ketiga. Gambarnya berupa jalan raya dengan lokasi-lokasi wisata, lengkap dengan data-data seperti tempat yang paling banyak dikunjungi, jumlah wisatawan per tahun, dan keterangan singkat lokasi-lokasi wisata favorit. Sedangkan Juara 1 dan Juara 2 diraih oleh Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung dan Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

“Dengan atmosfir yang berbeda dan waktu yang sangat sangat terbatas, kami memacu manajemen waktu dalam melakukan eksekusi desain infografis. Hal ini sudah menjadi pencapaian yang diluar dugaan melihat kompetitor yang ada serta ketatnya persaingan,” katanya. (purel/izal)

Previous Article Next Article

Leave a Reply