31 Mar 2015

Game Heaven Chase Juara 2 Games and Apps IslamICT Fair

BANDUNG, TEL-U – Belum lama ini karya mahasiswa Telkom University kembali menorehkan prestasi. Yaitu Game Heaven Chase, berhasil menduduki posisi juara 2 pada kompetisi Islam ICT Fair “Mobile technology for modern and excellence of Islam” yang berlangsung 21 Maret 2015 di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia.

“Alhamdulillah, kami berhasil meraih juara 2 dan kami mendapatkan uang sebesar 2 juta, sertifikat dan pastinya pengalaman berharga,” kata mahasiswa Teknik Informatika, Muhammad Maulana Ramadhan, Senin (30/3/2015). Ia dan tim merasa bangga bisa meraih penghargaan di kompetisi yang diselenggarakan oleh Forum Ukhuwah dan Kajian Islam (FUKI) Fasilkom UI itu.

Dalam tim ini, Maulana ditemani oleh Mochamad Chaerurrezky Iqbal dan Muhammad Hilmy An Nabhany. Seluruhnya berasal dari program studi Teknik Informatika., Fakultas Teknik Informatika (FIF). Mereka berhasil berhasil juara pada kategori games and apps. Selain itu, mereka juga menyabet kategori di Islam ICT Fair lainnya yaitu kategori design, dan video.

“Kompetisi ini diikuti oleh mahasiswa S1 dan D3 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Di kompetisi ini, kami harus membuat dan mengembangkan game dengan tema ‘mobile technology for modern and excellence of Islam’. Lombanya sudah dimulai sejak 11 Januari lalu, kemudian lolos final di Maret ini,” kata Maulana.

Karena bertemakan Islam, kompetisi ini mempunyai tantangan yang berbeda dari kompetisi lainnya. Dimana tim harus memilih dan memilah unsur mana yang terdapat dalam Islam yang dapat diangkat dalam Game.

“Kami memilihnya dengan sangat hati-hati. Karena kami tidak mau ada kontroversi atau semacamnya. Selain itu, tantangan lainnya adalah memilih bentuk gamenya. Agak sulit karena Game dengan genre religi islam memang sangat jarang,” jelas Maulana.

Maulana menjelaskan, game Heaven Chase memiliki konsep representasi dari dunia nyata dengan genre endless run. Yaitu, perang melawan hawa nafsu akan terus berjalan hingga akhir hayat. Game Heaven Chase menantang player berusaha menghindari hawa nafsu hingga game over.

“Efek yang kami gunakan cukup bagus kualitasnya sebagaimana digunakan pada game – game 2D platformer dengan aura retro. Sedangkan untuk sound kami menggunakan asset sound di freesound.org,” kata Maulana.

Rencana selanjutnya, Maulana dan tim akan menambahkan fitur baru berupa efek –efek khusus, animasi tambahan dan menyelesaikan bug-bug. “Terakhir kami akan mencoba merilis Heaven Chase di Playstore,” tutup Maulana. (purel/risca)

Previous Article Next Article

Leave a Reply