Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) merupakan fakultas baru di Telkom University. Telkom University adalah perguruan tinggi yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) yang sekarang dikenal dengan “Telkom Foundation”. Yayasan Pendidikan Telkom-Yayasan Sandhykara Putra Telkom (YPT-YSPT) menandai kiprahnya selama 34 tahun di dunia pendidikan Indonesia dengan rebranding menjadi “Telkom Foundation”. Telkom Foundation bertekad untuk melahirkan generasi baru melalui pendidikan, sehingga Indonesia dapat “menegakkan kepala” di mata dunia. “The Grand Launching of Telkom Foundation: Building The Civilization”, dilakukan pada tanggal 21 Mei 2014 di Telkom University Convention Hall (TUCH) Bandung Technoplex Jln. Telekomunikasi Dayeuhkolot Kab. Bandung. Untuk lebih mengukuhkan identitas barunya, Telkom Foundation pun memperkenalkan logo baru dan tagline “Building The Civilization”. Tagline ini menggambarkan tekad Telkom Foundation untuk membangun peradaban dengan ciri individu yang cerdas dan tangguh, yang bermanfaat untuk komunitas dan masyarakat.
Dewan Pembina Telkom Foundation, secara ex-officio adalah Direksi PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (PT. Telkom) dan sebagai bentuk tanggung jawab PT. Telkom untuk menjadi Good Corporate Citizen yang ingin berkontribusi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia didirikan yayasan-yayasan pendidikan yang sekarang di transformasi ke Telkom Foundation yang mengelola lembaga pendidikan dari TK sampai dengan perguruan tinggi yang salah satunya Telkom University.
Perjalanan Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University dimulai pada tahun 1990 dengan nama MBA-Bandung. MBA-Bandung adalah penyelenggara program Master in Business Administration pertama di Jawa Barat, mendahului program sejenis yang kemudian diselenggarakan oleh perguruan tinggi negeri di Bandung. Pada awal pendiriannya, MBA-Bandung mengadopsi secara utuh schooling system dari Asian Institut of Management (AIM) Philipines, yang pada saat itu dikenal sebagai Harvard Business School Asia. Ketika didirikan, para Professor dari AIM mengajar dan membimbing penyelenggaraan program MBA sampai dengan tahun 1995. Dengan kondisi ini, pada tahun 1992 MBA-Bandung berhasil masuk ke dalam 7 sekolah bisnis terbaik versi majalah SWA, bersama-sama dengan IPPM, IPMI, Prasetya Mulya, UI, dan ITB.
Pada tahun 1994, MBA-Bandung berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB). Dengan status sekolah tinggi, STMB mengubah program MBA-nya menjadi program Magister Manajemen (MM). selain itu, STMB juga semakin meragamkan varian program MM-nya, menjadi program MM Reguler, MM Eksekutif, dan MM Coorperative Education. Pada kesempatan akreditasi pertama yang diselenggarakan oleh pemerintah, program MM STMB memperoleh akreditasi A (Unggul) dan predikat ini masih dipertahankan saat re-akreditasi tahun 2002.
Untuk mendorong agar STMB semakin berkiprah dalam dunia pendidikan, maka STMB mulai menyelenggarakan program strata-1 (S-1/sarjana) pada tahun 1997. Program studi yang dibuka di STMB pada saat itu adalah S-1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI). Minat masyarakat terhadap program studi ini meningkat terus disertai dengan daya serap industri terhadap alumni STMB yang cukup tinggi. Pada kesempatan akreditasi oleh pemerintah tahun 2002, program S-1 MBTI STMB memperoleh akredikasi A.
Untuk memberikan identitas yang lebih kuat pada bidang keilmuan manajemen bisnis telekomunikasi, pada tahun 2004 STMB berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Telkom. Perubahan nama ini diikuti dengan peningkatan kapasitas penerimaan mahasiswa baru program S-1 MBTI, dalam rangka memenuhi permintaan pasar. Selain itu, program pasca sarjana juga menambah varian program dengan program MM Bisnis Telekomunikasi (MM Biztel).
Eksistensi STMB Telkom yang semakin kuat telah mendorong upaya transformasi STMB Telkom menjadi Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) pada tahun 2008. Transformasi ini ditandai dengan bertambahnya program studi yang diselenggarakan oleh IM Telkom. Program studi baru yang diselenggarakan sejak tahun 2008 adalah program studi: S-1 Ilmu Komunikasi, S-1 Desain Komunikasi Visual, S-1 Akuntansi, S-1 Administrasi Niaga, D-3 Pemasaran. Seluruh program studi S1 telah melaksanakan akreditasi dan masing-masing program studi memperoleh predikat B.
Pada masa Transformasi menjadi Telkom University di tahun 2013, sesuai keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 270/0/E/2013 tanggal 17 Juli 2013 tentang Penggabungan Politeknik Telkom, Institut Teknologi Telkom, dan Institut Manajemen Telkom yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom menjadi Universitas Telkom di Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 309/E/O/2013 tanggal 14 Agustus 2013 tentang Izin Peleburan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI) Telkom di Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat yang diselenggarkan Yayasan Pendidikan Mandiri Indonesia di Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat ke Universitas Telkom yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom di Bandung Provinsi Jawa Barat. Dengan penggabungan empat Perguruan Tinggi tersebut ke dalam Telkom University, maka Institut Manajemen Telkom berubah menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Sesuai dengan keputusan Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Telkom Nomor: KEP0205/00/DGA-02/YPT/2014 tentang struktur Struktur Organisasi dan Tata Kerja Universitas Telkom, tanggal 28 Maret 2014, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dikembangkan menjadi dua Fakultas, (1) Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB), dan (2) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) terdiri dari dua Program Studi, yaitu:
- Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
- Program Studi Ilmu Komunikasi
Visi
Menjadi fakultas bertaraf internasional dalam bidang ilmu komunikasi dan bisnis berbasis teknologi informasi
Misi
- Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berstandar internasional dalam bidang ilmu komunikasi dan bisnis
-
Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu komunikasi dan bisnis berbasis teknologi informasi
-
Menghasilkan karya cipta unggul dalam bidang ilmu komunikasi dan bisnis untuk kesejahteraan dan kemajuan peradaban bangsa
Tujuan
- Mendapatkan kepercayaan dari seluruh pemangku kepentingan dalam bidang ilmu komunikasi dan bisnis
-
Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang ilmu komunikasi dan bisnis, sehingga mampu bersaing dalam skala internasional
-
Menciptakan budaya riset dan jiwa kewirausahaan dalam bidang komunikasi dan bisnis di kalangan sivitas akademika
-
Menghasilkan karya penelitian dan inovasi yang bermanfaat dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat
Situs Resmi
Fakultas Komunikasi dan Bisnis
Program Studi
Administrasi Bisnis
Ilmu Komunikasi