29 Aug 2016

Komik Karya Dosen FIK Diluncurkan pada Popcon Asia 2016

BANDUNG, TEL-U –  Komik Koil : Dragonian Warriors karya Patra Aditia, S.Ds, M.Ds dosen Desain Komunikasi Visual Fakultas Industri Kreatif Telkom University (DKV FIK Tel-U) resmi diluncurkan pada event Popcon Asia 2016 di Jakarta Convention Centre pada 12-14 Agustus 2016 lalu.

Event konvensi budaya pop terbesar di Asia yang didedikasikan untuk merayakan dan menghargai profesional, seniman, dan pencipta dalam industri kreatif, dengan fokus pada komik, game, mainan, film, dan animasi ini bertujuan untuk mendorong dan mendukung ekosistem industri kreatif, serta menjadi platform untuk jaringan dan kolaborasi di antara pencipta, merek, pemerintah, media dan pemangku kepentingan lain untuk menumbuhkan industri kreatif di Asia.

Sebagai konseptor awal untuk komik ini dan bertugas membuat konsep cerita dan visual, merancang karakter, membuat thumbnails, penciller, sampai kover artist, Patra dibantu oleh tiga orang yang ahli di bidangnya.

“Dalam perjalanannya, saya dibantu Anky Prasetya di bagian cerita dan Indra Nabun di posisi project manager kemudian pada sampul, saya berkolaborasi dengan Arif Prianto, colorist dari Stellar yang sekarang sedang sibuk mengerjakan beragam komik untuk DC (Deathstroke, Superman)” ucapnya Sabtu, (27/8).

Memakan waktu kurang lebih selama 4 tahun hingga rampung, Komik Koil : Dragonian Warriors ini diakui Petra merupakan kolaborasi antara medium komik dan musik yang mana inspirasinya dari Koil, band industrial metal asal Bandung, yang akhirnya ditranslasikan ke media komik. Para personil Koil didesain ulang lalu disimpan di sebuah dunia khayal post-apokaliptik, sedangkan Dragonian Warriors diambil dari jargon lini merchandise mereka, Dragonian Fashionworks.

“Saya mengamati Koil mulai dari musik, lirik, performance, sampai merchandise dan semua pengaruh itu ditranslasikan ke media komik” katanya.

Sebelum launching, Komik Koil : Dragonian Warriors sudah mendapat respon positif dari masyarakan, karena berita perilisan komik ini di POPCON 2016 sudah banyak terdengar di media sosial seperti twitter dan facebook sejak pertengahan tahun 2016.

“Karena respons terhadap komik ini positif, kami diberi kesempatan oleh pihak panitia untuk melaksanakan launching secara khusus di panggung utama pada tanggal 12 Agustus, disusul dengan signing session di tanggal 13 Agustus” ucap Patra.

Patra menambahkan kalau Komik Koil : Dragonian Warriors sendiri sudah habis terjual dalam 3 hari penyelenggaraan POPCON ASIA 2016.”sekarang sedang masuk cetakan ke-2 karena kemarin sudah sold out,” ucapnya. (purel/aw)

Previous Article Next Article

Leave a Reply