13 Nov 2014

Mahasiswa Antusias Pelajari Citizen Journalism

BANDUNG, TEL-U – Minat dan antusiasme mahasiswa terhadap Citizen Journalism (CJ) ternyata cukup tinggi. Ini paling tidak terlihat saat puluhan mahasiswa yang sebagian besar berasal dari program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University (FKB Tel-U) meramaikan workshop tentang CJ.

Acara hasil kerjasama FKB dengan Net TV ini digelar di Aula FKB, Senin (10/11). Pada kesempatan itu, NET TV mengajak mahasiswa mengenal lebih jauh tentang CJ dan mengenal pula beberapa program unggulan NET yaitu 86 dan NET 10. Workshop ini merupakan bagian dari rangkaian roadshow yang digelar di beberapa kota yaitu Jogjakarta, Jakarta, Semarang dan Bandung.

Produser NET 10 Thomas Herda menjelaskan, CJ bisa menjadi sebuah karya luar biasa yang tidak bisa dilakukan oleh professional sekalipun dari segi nilai beritanya. Selain itu, kata Thomas, CJ merupakan karya jurnalisme yang dibuat oleh masyarakat biasa, yang diambil langsung oleh warga di daerah daerah yang tidak bisa dijangkau oleh kontributor media.

“Berita yang dibuat juga tidak harus sebagus para kontributor atau jurnalis profesional karena memang citizen journalism tidak dilakukan oleh profesional melainkan warga masyarakat biasa,” ujarnya.

Thomas menambahkan, CJ berkembang sekitar tahun 2004. Di Indonesia sendiri diawali dengan sebuah video amatir yang direkam oleh salah seorang yang terkena bencana tsunami di Aceh 2004 silam. “Video tersebut diyakini menjadi salah satu pioneer dari berkembangnya fenomena citizen journalism di Indonesia,” katanya.

Dekan FKB Dr. Jafar Sembiring M.Ed.M berharap agar mahasiswa Tel-U bisa berkontribusi menjadi citizen journalist. “Semoga kedatangan NET ini bisa memberikan pencerahan kepada mahasiswa terkait Citizen Journalism, dan mahasiswa bisa ikut berkontribusi membuat karya Citizen Journalism di berbagai media khususnya di NET,” katanya. (purel/azzah)

Previous Article Next Article

Leave a Reply