22 Jan 2016

Mahasiswi Tel-U Masuk 10 Disainer Muda Indonesia di “Sakura Collection Asia Students Awards 2015”

BANDUNG, TEL-U – Megumi Nurul Aini, mahasiswi Kriya Tekstil dan Mode Fakultas Industri Kreatif Telkom University (FIK Tel-U) menjadi salah satu dari 10 desainer muda finalis “Sakura Collection Asia Students Awards 2015” yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia.

“Sakura Collection Asia Students Awards 2015 adalah sebuah ajang lomba disain mode dari Jepang yang bertujuan untuk memperkenalkan serta bertukar budaya dari negara-negara yang mengikuti ajang tersebut tau akan budaya jepang” ucap Megumi.

Acara yang diselenggarakan oleh kedutaan besar Jepang dan Jepang Foundation di AEON Mall, BSD City Tangerang Selatan, pada Minggu (17/1) diikuti oleh 125 mahasiswa/i fashion di seluruh Indonesia, dengan 5 juri yaitu Mrs Noriko Tabata (producer sakura collection), Mr Tadashi Ogawa (Director General The Japan Foundation Jakarta), Mr Taruna K Kusmayadi (disainer Indonesia), Mr Ahmad Soffiyulloh (desainer Indonesia), dan Mrs Dhining Trihandayani (Model).

Konsep disain yang diambil oleh Megumi terinspirasi dari instalasi hiasan-hiasan yang dipakai para penduduk Jepang dalam festival tanabata atau festival bintang. “Bentuk instalasi lampion dengan bunga mengelilingi lampion tersebut serta dekorasi penuh warna memberi kesan full color, judul color drop festive saya ambil untuk menceritakan keadaan festival tanabata yang sangat meriah” katanya.

Di balik aktifitas Megumi yang sedang daftar untuk tugas akhir, Megumi menyiapkan konsep sketsa 3 hari sebelum tenggat tanggal 30 November 2015. ”Alhamdulillah pada tanggal 23 Desember 2015 aku dihubungi oleh pihak Sakura Collection dan terpilih menjadi 10 besar dan diwajibkan untuk merealisasikan disain yang aku ajukan,”ujar Megumi.

Menurut Mrs Noriko Tabata selaku Produce dari Sakura Collection tujuan acara ini adalah untuk mempererat kerjasama dan kolaborasi antar designer dan juga sebagai ajang tukar budaya.

Hobi disain yang ditekuni sejak SMP membuat Megumi menjadi 10 besar disainer muda di Indonesia, “Semoga kedepannya aku bisa dikenal sebagai disainer dengan karya yang bisa diterima oleh seluruh masyarakat luas,” katanya. (purel/AW)

Previous Article Next Article

Leave a Reply