30 Apr 2014

Tel-U Harum di Kontes Robot Indonesia 2014 Regional II

Bandung, Tel-U – Fakultas Teknik Elektro mengharumkan Tel-U di ajang Kontes Robot Indonesia 2014 Regional II. Pada Kamis sampai dengan Sabtu (24-27/04) lalu, Tim Robotic Tel-U meraih dua medali juara pada ajang kontes robot yang diselenggarakan di Universitas Tarumangera (Untar) Jakarta tersebut. Mereka adalah Tim Azkaizan 4WD, dengan pembimbing Agung Nugroho Jati, ST., MT., yang meraih juara I pada kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda. Kemudian, Tim Arjuna, dengan pembimbing Erwin Susanto, ST., MT., Ph.D yang meraih juara III pada kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki.

Milfan Agung Pratama, mahasiswa Sistem Komputer yang juga menjadi Kordinator Laboratorium Electronic and Intelligence Robotic Research. menyampaikan bahwa tim Azkaizan 4WD berhasil mengalahkan Universitas Maranatha dan Politeknik Negeri Bandung pada kategori KRPAI tipe beroda. Sedangkan pada Kategori KRPAI tipe berkaki, tim Arjuna mengikuti Politkenik Negeri Bandung dan Universitas Indonesia, di urutan ketiga. “Kita berhasil mengalahkan Universitas Maranatha dan Polban untuk kategori KRPAI beroda. Namun kita masih di tempat ketiga setelah Polban dan UI di kategori KRPAI berkaki,” disampaikan Milfan saat dimintai keterangannya.

Sebelumnya, Tel-U mengirimkan 5 tim untuk bertanding di 5 kategori kontes robot yang berlangsung setiap tahun tersebut. Kategori tersebut antara lain Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki, Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI). Di Universitas Tarumangera Jakarta tersebut, tim robotic Tel-U bertanding melawan perguruan tinggi yang berada di Regional II yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Dengan pencapaian ini, kedua tim berhasil meraih tiket untuk lanjut pada tingkat nasional yang akan digelar di Yogyakarta pada bulan Juni 2014. “Kedua tim yang lolos di Regional II sedang bersiap untuk kontes robot tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di UNY bulan Juni yang akan datang,” ujar Milfan. (KomPro/DH)

Berikut adalah daftar nama Tim Arjuna dan Tim Azkaizan 4WD yang meraih juara pada Kontes Robot Indonesia 2014 Regional II.
Daftar Nama Tim yang Menjuarai Kontes Robot Indonesia 2014 Regional II

Previous Article Next Article

Leave a Reply