26 Jun 2020

Tel-U Mendapat Rekomendasi Sertifikasi ISO 9001-2015 oleh British Standards Institution

Bandung, Telkom University – Berlangsung selama tiga hari (24 – 26 Juni 2020), Telkom University (TelU) menjalani audit Surveillance II ISO 9001:2015 oleh British Standards Institution. Audit ini bertujuan untuk terus meningkatkan mutu pendidikan Telkom University agar tetap menjadi kampus swasta terbaik di Indonesia.

Ade Haris Mustafa yang merupakan Auditor dari BSI menyampaikan hasil auditnya dihadapan rekan-rekan Bidang, Fakultas dan Rektorat.

Adapun 3 hasil observasi positif yang disampaikan oleh Ade, yang pertama adalah TelU sudah Terakreditasi BAN-PT dan mendapat Akreditasi A. Kedua, penggunaan sytem information dalam berbagai proses. Ketiga, issue Covid-19 sudah di identifikasi dan di tetapkan tindakan pengendaliannya oleh TelU.

Mengenai hasil audit, TelU menurut Ade masuk dalam kategori Minor. Beberapa penjabaran mengenai hasil audit diantaranya:

  • Terdapat beberapa poin yang perlu ditingkatkan seperti Verifikasi untuk Soal Assessment yang belum dilakukan pada Mata Kuliah Validasi dan Verifikasi Perangkat Lunak (Fakultas Ilmu Terapan).
  • Tindakan perbaikan untuk materi kuliah yang belum tersampaikan berdasarkan laporan silabus di iGracias untuk mata kuliah Validasi dan Verifikasi Perangkat Lunak 2019-2020 baru 91.75%. Kondisi yang sama juga ada pada Desain Komunikasi Visual (Fakultas Industri Kreatif) dan Ilmu Komunikasi (Fakultas Komunikasi dan Bisnis)
  • Mata Kuliah Audit Sistem Informasi di Kurikulum 2016 adalah 4 SKS, tetapi di RPS tertulis 3 SKS (Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

 

Dari hasil audit yang telah dilakukan selama 3 hari oleh BSI, Ade mengungkapkan bahwa Telkom University masuk dalam rekomendasi sertifikasi untuk ISO 9001:2015. “Selamat untuk TelU, untuk audit selanjutnya tahun depan akan dilakukan sertifikasi. Seluruh fakultas akan diaudit, direktorat juga semuanya akan di audit. Semoga sukses” ungkap Ade.