01 Mar 2016

Tel-U Sabet Juara 1 di Barcelona

BANDUNG, TEL-U – Telkom University (Tel-U) kembali menunjukkan eksistensinya di kancah internasional. Kali ini prestasi diukir melalui ajang bergengsi Global Mobile Innovators Tournament 2016 yang diselenggarakan oleh IBM 4YFN (4 Years From Now), AT&T, KPN, Rogers Communications, and Vodafone di Fira montjouic, Barcelona pada 22-25 Februari lalu.

Setelah bertarung dengan sembilan tim dari berbagai negara pada tahap semifinal, dua tim Tel-U Brainstat Studio yang mengusung konsep Transportation Safety dan tim Hoome yang mengusung konsep Smart Home berhasil lolos ke Barcelona hingga akhirnya berhasil menyisihkan empat finalis lainnya pada puncak acara.

Kedua tim tersebut terdiri dari 3 (tiga) mahasiswa program studi Informatika, 1 mahasiswa Teknik Elektro, 1 dosen Informatika, dan 1 dosen Fakultas Ilmu Terapan Tel-U.

Setelah melalui perjuangan, akhirnya Tim Brainstat Studio berhasil menjadi juara pertama pada kategori Connacted Travel & Transportation, dan Tim Hoome berhasil menjadi Best Innovation pada kategori Smart Homes and Buildings.

Kedua penghargaan ini tak diragukan lagi, mengingat keunikan hasil karya kedua tim dengan kategori yang berbeda. “Tim Brainstat Studio mampu memonitor kondisi driver, apakah lelah atau mengantuk, guna mencegah terjadinya kecelakaan. Sedangkan Tim Hoome melibatkan Internet of Things, mampu mengatur suasana rumah sesuai dengan kondisi orangnya,” papar Said Al Faraby dari Kemahasiswaan Fakultas Informatika.

Sajian solusi inovatif yang telah mereka lakukan, mereka juga mendapatkan kesempatan besar untuk bertemu langsung dengan para investor di sana, hingga kesempatan emas menghampiri mereka di mana kedua Tim Tel-U berhasil meraih simpatik dari Vodafone sebagai investor mereka saat ini

Dody Qori selaku dosen Fakultas Informatika sekaligus pembina kedua tim mengaku sangat bersyukur karena jalan panjang mendekati kenyataan. “Insya Allah vodafone akan membantu mewujudkan sebagai investor buat kami, semakin dekat ke jalan bahwa brainstat akan menjadi protocol standar keamanan transportasi dan Hoome akan menjadi rumah pintar pertama yang mengerti kita 100 persen,” ujarnya, Senin (29/2). “Alhamdulillah, untuk agama dan bendera kami merah putih,” katanya. (purel/raf/nisa)

Previous Article Next Article

Leave a Reply