15 Mar 2017

Telkom University Bersama ASPIKOM Tingkatkan Publikasi Buku Dosen di Jawa Barat

Bandung, Telkom University – Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia (ASPIKOM) kembali melakukan sosialisasi penulisan buku ajar bagi para dosen perguruan tinggi di Jawa Barat pada Rabu (15/3) di Gedung Manterawu Telkom Univeristy. Sosialisasi buku ajar ini di dukung penuh oleh Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) sebagai fasilitator kali ini.

Ketua ASPIKOM Jawa Barat, Hadi Purnama, M.Sc., pada sambutannya mengungkapkan bahwa acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan praktis kepada dosen. “Tujuan acara ini untuk memberikan pengetahuan bagi para dosen untuk memahami tahapan penulisan naskah buku ajar untuk perguruan tinggi. Sehingga dapat mengajukan hibah penulisan buku ajar ke Dikti Kemristekdikti.”

Sosialisasi yang dihadiri oleh berbagai perguruan tinggi swasta dan negeri di dalam dan luar Jawa Barat ini menghadirkan dua pembicara ahli di bidang buku ajar yaitu Dosen Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tito Edy, M.Si dan Dosen Universitas Garut Dr. Zikri Fachrul Nurhadi.

Edy menjelaskan ini sebagai sebuah langkah saling bertukar pikiran untuk para dosen agar mampu secara praktis menulis buku secara efektif, “Acara ini sih untuk sharing knowledge saja, supaya semua bisa tahu caranya, hambatannya apa saja, sehingga mereka bisa lebih paham bagaimana teknis dalam penulisan buku teks.”

Pada presentasinya, Zikri memaparkan berbagai teknik agar buku ajar yang ditulis bisa di publikasikan oleh Dikti “Ini bisa membantu memperluas wawasan dengan mengetahui tips praktis untuk publikasi sehingga dosen memiliki motivasi yang tinggi dalam menulis buku ajar / teks. Juga perlu adanya tim di ASPIKOM sehingga (draft) sebelum di kirim ke dikti bisa di telaah terlebih dahulu oleh tim.”

Wakil Dekan FKB, Ir. Syarifuddin, M.M, begitu mengapresiasi kegiatan “Terimakasih kepada peserta, semoga ada acara lain agar kita selalu terus berkembang. Kita (telkom university) selalu terbuka demi kebersamaan perguruan tinggi di jabar. Saya berharap semua perguruan tinggi di jabar bisa berkontribusi bagi bangsa.”

Di akhir acara, Hadi berharap dengan diadakannya acara ini mampu memotivasi para dosen perguruan tinggi di jawa barat agar mampu mempublikasikan buku. “Melalui sharing session ini dapat terjadi pertukaran informasi dan pengalaman antara dosen. Kegiatan ini saya harap dapat memotivasi dosen untuk menulis buku ajar sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya untuk pengajaran.” tutupnya.

Abdullah Adnan

Previous Article Next Article

Leave a Reply