02 Oct 2017

Tingkatkan Kreatifitas di Era Digital, SEARCH Telkom University Gelar 6th JBC

BANDUNG, Telkom University –  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) SEARCH Telkom University kembali menggelar acara tahunan The 6th Java Business Competition (JBC) 2017 yang berlangsung pada 29 September hingga 1 Oktober 2017.

Mengangkat tema “Empowering Industry Creative with Digital Innovation from Youth People” JBC 2017 ini bertujuan untuk mengingkatkan kreativitas generasi muda dalam pemberdayaan industri kreatif yang bersifat digital.

JBC 2017 ini diisi dengan 4 kategori lomba yakni Call For Paper, National Business Plan Competition, Business Simulation dan Indonesian Marketing Debate yang diikuti oleh 17 universitas di seluruh Indonesia dan 1 universitas dari Malaysia.

Usai pembukaan yang berlangsung di Aula Fakultas Ilmu Terapan, acara dilanjutkan dengan seminar dengan tema “Challenges for Creative Young Entrepreneurs In Digital Era Competition” yang diisi oleh keynote speech Kenneth Li – Head of Invesment MDI, serta 2 pembicara lagi yakni Adhitya Insan Mahaputra – Brand Manajer BLANJA.com dan Mawaddi Lubby – Grab Indonesia, selain itu pada JBC 2017 ini hadir pembicara special yakni SkinnyIndonesian24 yang merupakan seorang Youtuber Indonesia sekaligus influencier dan creativeprenuer di Indonesia.

“Pada sesi seminar itu kami mengangkat tema tersebut tujuannya ingin menumbuhkan semangat berwirausaha kreatif di era digital karena pemanfaatan era digital merupakan kunci utama untuk bisa bersaing dalam dunia modern seperti sekarang” ucap Muhammad Rizaldi yang merupakan ketua JBC 2017.

Rizaldi berharap acara JBC kedepannya bisa menggangdeng lebih banyak universitas diluar Indonesia lebih banyak lagi, sehingga menjadikan JBC ini sebagai kompetisi bisnis tingkat mahasiswa terbesar dan terbaik di Indonesia.

“Kami berharap agar nanti JBC 2018 bisa lebih besar dari sekarang, tahun ini untuk pertama kalinya kami mencoba skala Internasional, dan semoga tahun depan lebih banyak lagi kampus dari luar Indonesia, kami mohon dukungan da doa dari Telkom University agar kompetisi ini bisa lebih baik lagi kedepannya” ucap Rizaldi.

Pada JBC 2017 acara penutupan dan pengumuman pemenang berlangsung di Hotel Newton, Bandung Minggu (01/10) dan tim NOJI dari Fakultas Rekayasa Industri  Telkom University berhasil meraih juara 3 pada kategori National Business Plan Competition.

Berikut adalah nama-nama pemenang dari setiap kategori lomba

Juara Indonesian Debat Marketing :

1. Marsim English Forum – Institut Teknologi Bandung

2.Jaket Kuning – Universitas Indonesia

3. Satu Jiwa FEB – Universitas Brawijawa

Juara National Business Plan

1. Leftovers – Prasetya Mulya

2. MentorQ – Institut Teknologi Bandung

3. NOJI – Telkom University

Juara International Call for Paper :

1. Lucky Team – Universitas Negeri Semarang

2. GATRA TEAM – Universitas Brawijaya

3. HORIZON TEAM- Institut Teknologi Sepuluh November

Intitut Teknologi Bandung berhasil meraih juara umum pada JBC 2017 sesuai dengan peraihan poin juara dari setiap kategori lomba.

Menurut keterangan Rizaldi, untuk perlombaan Business Simulation dipending dikarenakan software JaTitan mengalami gangguan dari pusatnya.

Previous Article Next Article

Leave a Reply