Kenapa Belajar di Universitas Telkom

1-200x178

REPUTATION

Telkom University  saat ini telah meraih banyak penghargaan baik Nasional maupun Internasional.

2-200x178

LECTURER

Telkom university tidak hanya fokus mengembangkan generasi bangsa dalam bidang akademik

6-200x178

CAREER

Tel-U juga membimbing mahasiswa nya sesuai dengan target kerja kedepan Telkom University yakni toward entrepreneurial University

3-1-e1548828881122

COLLABORATION

Telkom university banyak menjalin kerjasama yang baik dengan banyak perusahaan di indonesia

4-200x178

FACILITY

Telkom university menyediakan fasilitas yang baik bagi mahasiswanya demi menunjang proses belajar mengajar

5-200x178

EXCELLENCE

Telkom University memiliki tenaga pengajar yang berpengelaman di bindang nya dan jumlah riset yang mumpuni

Fakultas

 

 

7

Program

 

 

32

Program Akreditasi A

 

71,87%

S1 Teknik Elektro

Pada umumnya kehidupan kuliah di Teknik Elektro tidak jauh berbeda dengan kehidupan kuliah di jurusan teknik lain nya, yaitu kuliah, praktikum, mentoring, dan lain lain. Namun, bagi kalian yang tertarik dengan dunia akademis, riset, atau ingin memperdalam pengetahuan tentang dunia “Teknik Elektro”, kampus telah menyediakan berbagai fasilitas berupa laboratorium, ruang praktikum, alat yang memadai dan menunjang perkuliahan. Adapun beberapa laboratorium yang dinaungi oleh prodi S1 Teknik Elektro melalui kelompok keahlian Sistem Elektronika :

  1. Information and Automation Control System (INACOS), Biomedical Signal Processing and Instrumentation (BioSPIN),
  2. Electronics and Industrial Automation (ELITIA),
  3. Perancang Sistem Elektronika (PSE),
  4. Dasar Sistem Kontrol,
  5. Elektronika, dll.

S1 Teknik Telekomunikasi

Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi adalah program studi yang mempelajari rekayasa di bidang telekomunikasi. Ruang lingkup rekayasa meliputi aspek-aspek yang terkait dengan teknologi, protokol, layanan, desain dan teknik pengiriman informasi broadband. Agar dapat bersaing dimasa yang akan datang, mahasiswa dibekali pula dengan wawasan kemandirian, kewirausahaan serta kerjasama tim antardisiplin ilmu agar dapat berkompetisi, berkarya, berkontribusi dan mengembangkan diri di komunitas professional. Kurikulum pendidikan di Prodi S1 Teknik Telekomunikasi didesain selama 4 tahun dan mengacu pada kurikulum berbasis Outcome Based Educatiom (OBE).

S2 Teknik Elektro

Program Pascasarjana Teknik Elektro – Telekomunikasi IT Telkom didirikan dan dikukuhkan dengan Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas No 429/DIKTI/Kep/1999, serta SK Dirjen DIKTI No. 586/D/T/2006 dan sudah terakreditasi BAN PT No 017/BAN-PT/Ak-VI/S2/XI/2008 dan telah terakreditasi oleh BAN-PT berdasarkan SK No. 002/BAN-PT/Ak-X/S2/V/2012 dengan predikat B. Kurikulum Program Studi Magister Teknik Elektro-Telekomunikasi IT Telkom semula memberikan beban studi kepada mahasiswa minimal 40 sks, dan pada perkembangan kurikulum selanjutnya tahun 2004 dan tahun 2008 mahasiswa diberi beban studi minimal 36 sks dengan penekanan pada bidang Teknik Elektro-Telekomunikasi dengan peminatan 

S1 Rekaysa Perangkat Lunak

Di dalam Program Studi Rekayasa Perangkat lunak, mahasiswa akan mempelajari bidang ilmu terkait Software Engineering (pengembangan software, manajemen software, proses engineering, perangkat engineering dan metodologi), Data Engineering (data modelling, manajemen data berbasis pengetahuan, penerapan manajemen data), Pemrograman Multimedia & Game (Game Development, animasi 2D & 3D), dan Ubiquitous Computing (Internet of Things, Augmented Reality, Cloud Computing). Selain itu untuk menambah kompetensi para mahasiswa Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak akan dibekali pula dengan wawasan kewirausahaan, kemandirian, serta kerja sama tim agar para lulusannya mampu berkompetisi di dunia industry maupun pendidikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

S1 Informatika

Program Studi S1 Teknik Informatika berdiri pada 19-11-1993 yang pada saat itu masih  berada di bawah Fakultas Informatika STT Telkom (Sekolah Tinggi Telekomunikasi Telkom) bersamaan dengan program studi D3 Teknik Informatika. Hingga kemudian bertransformasi menjadi IT Telkom (Institut Teknologi Telkom). Didalam prodi S1 Teknik Informatika tidak hanya didukung dengan tenaga pendidik yang mumpuni namun disediakan pula fasilitas dan infrastruktur yang mendukung selama pembelajaran. Mulai dari ruang kuliah, akses internet, hingga beberapa lab yang menunjang untuk kegiatan pembelajaran dan riset.

S1 Teknologi Informasi

Program studi ini memiliki 4 penjurusan dan kegiatan laboratorium yang menarik. Penjurusan yang ada pada prodi ini antara lain: Aplikasi dan Integrasi Sistem dan Jaringan Enterprise. Untuk kegiatan laboratorium yang mungkin kamu minati sesuai passion kamu antara lain: Artifical Intelligence Laboratory dan Software Engineering Laboratory (RPL) dan masih banyak lagi.

S2 Informatika

Program studi S2 Teknik Informatika merupakan kesatuan rencana belajar yang mengkombinasikan pengajaran dan penelitian secara sistematis untuk menganalisis sistem dan permasalahannya serta mengembangkan dan membangun solusi berbasis teknologi infokom. Kajian S2 Teknik Informatika meliputi bidang: Multimedia Specialist, IT System Specialist, Content Specialist, serta Data Specialist. Dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan program studi S2 Teknik Informatika berada di bawah naungan Fakultas Informatika

S1 Administrasi Bisnis

Program Studi Administrasi Bisnis FKB Telkom University direncakan untuk skema persiapan tenaga-tenaga ahli dibidang pengelolaan bisnis. Prodi tersebut juga dibekali dengan pemahaman Information and Communication Technology (ICT) dalam pengelolaan bisnis atas tuntutan persaingan bisnis era global.

S1 Ilmu Komunikasi

Program Ilmu Komunikasi mempunyai dua peminatan yaitu peminatan marketing communication dan broadcasting. Sistem pembelajaran dan fasilitas pembelajaran yang lengkap dan berbasis ICT.  Hal ini terlihat dari semua fasilitas pembelajaran berbasis ICT, semua kelas dilengkapi dengan in focus, jaringan wifi yang sangat mendukung proses pencarian informasi, sistem presensi perkuliahan, nilai perkuliahan, sistem perwalian, pendaftaran seminar proposal/skripsi semua berbasis sistem informasi Igracias.

S1 Digital Public Relations

Program studi Digital Public Relation merupakan pengembangan dari bidang Public Relation tradisional. Perbedaan keduanya terletak pada media yang digunakan, jika Public Relation tradisional lebih memfokuskan kegiatannya pada media-media elektronik dan cetak, maka Digital Public Relation lebih fokus dalam membangun brand, atau persuasi publik secara digital yaitu melalui media berbasis web. Saat ini program studi Digital Public Relation baru ada satu di Indonesia yaitu di Telkom University.

S1 Akuntansi

Prodi Akuntansi resmi beropersi pada tahun 2008 dan telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan peringkat “A”. Walaupun tergolong sebagai program studi baru, program studi akuntansi memiliki peminat yang tinggi dengan peningkatan jumlah mahasiswa yang signifikan setiap tahunnya.

S1 MBTI

Telkom University tidak hanya sekedar tempat untuk menambah ilmu tapi juga tempat untuk mencari jati diri sehingga menjadi pribadi yang lebih dewasa. Terutama di MBTI pun banyak hal luar biasa yang bisa saya pelajari baik dalam akademik dan organisasi mahasiswa. MBTI adalah salah satu program studi terbaik di Universitas Telkom dengan banyak prestasi. Selalu mencari kreativitas dan inovasi dalam pengembangan organisasi, sumber daya manusia dan kurikulum untuk memenuhi kebutuhan industri dan pemangku kepentingan.

S2 Manajemen

Magister Manajemen Universitas Telkom (MM Tel-U) milik program magister di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom (Tel-U) yang memberikan gelar master kepada siswa yang biasanya menyelesaikan program mereka dalam periode dua tahun. Siswa diarahkan untuk membangun keterampilan manajemen dasar dan fungsional mereka, diikuti oleh keterampilan pilihan tertentu yang mewakili minat mereka dalam bidang tertentu, untuk memenuhi aspirasi profesional mereka. MM Tel-U telah terakreditasi oleh lembaga akreditasi nasional yaitu Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan lembaga akreditasi internasional yaitu Aliansi Pendidikan Bisnis dan Beasiswa untuk Besok (ABEST21) dalam rangka untuk memastikan sistem manajemen pendidikan yang berkualitas.

S1 Desain Komunikasi Visual

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan salah satu program studi dibawah Fakultas Industri kreatif (FIK) Universitas Telkom. Dengan berbasis kepada keilmuan seni, desain dan teknologi, serta ilmu pendukungnya lainnya, prodi S1 DKV menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana desain komunikasi visual yang mumpuni dalam penguasaan teknologi Informasi, kearifan lokal (budaya Nusantara) dan mampu mengembangkan diri menjadi seorang entrepreneur dibidang  desain dan industri kreatif (Creativepreneur)

S1 Desain Produk

Program Studi Desain Produk Fakultas Industri Kreatif (FIK) menghasilkan lulusan Sarjana Desain yang profesional di bidang industri kreatif melalui penguasaan teori, teknologi, dan kecerdasan kreatif, sehingga mampu merancang produk yang baik dan memiliki nilai jual, serta dapat berkontribusi dalam meningkatan kualistas hidup manusia.

S1 Desain Interior

Program Studi Desain Interior adalah salah satu dari lima program studi yang berada di Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom. Berdiri sejak tahun 1990 dan dalam perjalanannya telah meluluskan mahasiswa yang telah terserap di dunia industri profesi dan tidak sedikit dari alumninya berkarya mandiri (Creativepreneur) sehingga mampu menciptakan lapangan kerja dalam bidang keilmuannya.

S1 Seni Rupa

Program Sarjana Seni Rupa (Seni Lukis, Fotografi & Film, dan Intermedia) Universitas Telkom Bandung, Indonesia. Program studi pelopor Seni Rupa Kreatif di lembaga swasta di Indonesia. Program Seni Rupa didirikan pada tahun 1996, ketika status institusi kami masih Sekolah Tinggi, sekarang kami telah berubah menjadi anggota Universitas Telkom, yang berlokasi di Bandung, Indonesia.

S1 Seni Kriya

Fasilitas penunjang kegiatan pembelajaran yang dimiliki oleh Program Studi Kriya Tekstil dan Mode berupa Laboratorium Pola & Jahit, Laboratorium Textile Exploration, Laboratorium Komputer Desain, dan juga Laboratorium Fotografi dengan kelengkapan peralatan yang menunjang berbagai kegiatan perkuliahan dan praktek mahasiswa pada setiap laboratorium tersebut. Selain itu program kegiatan studi lapangan seperti kunjungan industri dan juga kunjungan ke lokasi pengrajin seperti batik, pengrajin industri rajut, cetak sablon, dan industri kulit menjadi program ekskursi rutin yang dilaksanakan pada tiap semester untuk membekali mahasiswa Program Studi Kriya Tekstil dan Mode.

S1 Sistem Informasi

Program Studi Sistem Informasi merupakan program studi yang terdiri dari 2 domain, yaitu Bisnis dan Teknologi. Sistem Informasi menjembatani kesenjangan antara komponen teknis (teknologi informasi dan komunikasi) dan komponen non teknis (bisnis dan manajemen), sehingga lulusan dari program studi Sistem Informasi akan memiliki kompentesi teknologi dan kompetensi Bisnis.

D3 Manajemen Pemasaran

Program Studi D3 Manajemen Pemasaran merupakan program studi yang menjalankan pendidikan vokasi di bidang Manajemen Pemasaran. Para peserta didik pada program studi ini dibekali dengan berbagai jenis pengetahuan, keahlian dan kemampuan yang akan membentuk kompetensi mereka di bidang Manajemen Pemasaran, seperti: Strategi Pengembangan Produk, Teknik Penetapan Harga, Penentuan Distribusi Produk, Teknik Komunikasi Pemasaran, Perilaku Konsumen, Riset Pemasaran dan Layanan Konsumen. Disamping itu, terdapat mata kuliah pendukung yang dapat meningkatkan kompetensi maupun daya saing lulusan, yaitu: Literasi TIK, Bahasa Inggris, Aplikasi Perkantoran, Desain Grafis dan Kewirausahaan.

D3 Rekayasa Perangkat Lunak

Berbagai kegiatan mahasiswa yang diselenggarakan oleh Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi ditujukan untuk menghidupkan atmosfer akademik, yaitu terciptanya nuansa lingkungan yang berjiwa akademik melalui kreatifitas mahasiswa dan atas dosen sebagai perwujudan dari tridharma perguruan tinggi.

D3 Sistem Informasi Akuntansi

Pada program studi Sistem Informasi Akuntansi akan memadukan ilmu Sistem Informasi dengan ilmu Akuntansi. Program studi ini akan memberikan kompetensi dengan dasar-dasar akuntansi dan bisnis yang dibutuhkan oleh seorang sistem analis, serta ilmu untuk merancang dan membangun sistem informasi berbasis komputer melalui studi sistem informasi untuk memenuhi tujuan strategis perusahaan. Sistem Informasi Akuntansi ini dirancang untuk mengolah transaksi seperti kas, biaya produksi, gaji, serta utang-piutang, menjadi sebuah laporan. Informasi akuntansi merupakan sistem yang umumnya berbasis komputer dan metode untuk melacak kegiatan akuntansi dalam hubungannya dengan sumber daya teknologi informasi. Kehidupan kampus didasarkan pada target Job Position  yang menjadi target lulusan Program Studi.

D3 Sistem Informasi

Berbagai kegiatan mahasiswa yang diselenggarkan oleh Program Studi D3 Sistem Informasi ditujukan untuk menghidupkan atmosfer akademik, yaitu terciptanya nuansa lingkungan yang berjiwa akademik melalui kreatifitas mahasiswa dan atas dosen sebagai perwujudan dari tridharma perguruan tinggi.

D3 Teknik Telekomunikasi

D3 TT atau Diploma 3 Teknik Telekomunikasi yang memiliki Akreditasi A ini merupakan jurusan atau prodi yang cukup lama berdiri di kampus Universitas Telkom (Tel-U). Awalnya D3 TT berada di bawah Fakultas Teknik Elektro (FTE) saat kampus masih bernama STT Telkom. Namun Semenjak STT Telkom Berubah menjadi Telkom University, D3 TT berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Terapan (FIT).

D3 Teknologi Komputer

Sebagai mahasiswa di program studi D3 Teknologi Komputer setiap hari aktivitasnya belajar tentang Jaringan dan Komputer. Perkuliahan biasanya dilaksanakan di laboratorium. Mahasiswa biasanya diberi sedikit teori dasar, yang kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan modul praktikum. Di akhir perkuliahan biasanya mahasiswa diminta membuat tugas besar secara berkelompok. Misalnya membuat robot, membangun prototype rumah pintar dll.

D4 Sistem Multimedia

Prodi D4 Sistem Multimedia berfokus pada penguasaan keahlian di bidang teknologi multimedia dan konten multimedia dalam sistem terdistribusi. Lulusan D4 Sistem Multimedia ini diharapkan akan memiliki penguasaan dalam penggunaan perangkat multimedia, memiliki penguasaan teknologi multimedia, dan memiliki keahian tentang penguasaan teknologi multimedia interaktif baik yang bersifat standalone ataupun berupa sistem terdistribusi serta memilki keahlian pembangunan Games yang berbasiskan sistem terdistribusi baik yang berbasiskan jaringan kabel maupun nirkabel.