Tel-U dan JNE Gelar Kuliah Umum, Membahas Komunikasi Kreatif di Era Digital 

Tel U dan JNE Gelar Kuliah Umum Membahas Komunikasi Kreatif di Era Digital 

Bandung, 21 Mei 2024 – Telkom University (Tel-U), melalui Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB), berkolaborasi dengan JNE dalam menggelar ‘Creative Workshop: Narasi & Komunikasi Era Digital Vol.1’ pada Selasa (21/5). Bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan adaptasi digital, kegiatan ini dihadiri oleh Juri JNE Content Competition 2024, yakni Maman Suherman dan Rio Purba, serta Kaprodi S2 Ilmu Komunikasi Tel-U Dr. Martha Tri Lestari. Sebanyak lebih dari dua ratus partisipan antusias memenuhi Aula Gd. Intata FKB untuk mengikuti kegiatan ini dan menyimak materi yang disampaikan oleh ketiga tamu undangan.

Turut menghadiri kegiatan ini, SVP Marketing Group Head JNE, Eri Palgunadi, menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan wujud perhatian JNE untuk menghadirkan diri kepada publiknya. 

“Berbagai materi yang dihadirkan dalam kegiatan ini salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan jaringan teman-teman. Kami hadir sebagai wujud menjadi bagian sehari-hari dan konten. Dengan tagline baru kami, conneting happiness, kami berharap tidak hanya sekadar mengirimkan barang, tetapi menghubungkan kebahagiaan antar kita,” ujar Eri.

Dalam sambutannya Dekan FKB Ade Irma Susanty, Ph.D., menyampaikan harapannya agar kegiatan kolaboratif ini dapat digelar secara berkelanjutan dan memberikan manfaat.

“Saat ini, kemajuan teknologi berkembang dalam banyak hal. Rekan-rekan yang sudah tumbuh bersama teknologi, tidak cukup sekadar mengetahui, melainkan harus mampu untuk memanfaatkannya dan menemukan keunikan yang dapat kita munculkan. Kami harap kegiatan ini dapat terus berlanjut untuk memberikan materi yang luar biasa dan sangat bermanfaat. Semoga rekan-rekan juga dapat memanfaatkan hasil kegiatan ini dan mengimplementasikannya,” ucap Ade.

Materi pertama pada kesempatan ini disampaikan oleh penulis sekaligus pegiat literasi, Maman Suherman, atau yang akrab disapa Kang Maman. Beliau membagikan pengetahuan sekaligus pengalamannya melalui materi bertajuk ‘Produktif Menulis di Era Digital’. Kang Maman menegaskan bahwa menulis adalah modal untuk banyak hal. 

“Menulis itu modal untuk banyak hal. Namun, pastikan sebelum menulis itu kita membaca, research, lalu menuliskannya dengan tepat dan baik. Saringan menulis itu adalah benar, baik, dan bermanfaat, bila sudah lolos ketiga hal itu, tulislah,” seru Maman.

Tidak jauh berbeda dengan yang disampaikan oleh Kang Maman, Kaprodi S2 Ilmu Komunikasi Tel-U Martha Tri Lestari menyampaikan materinya mengenai hypnowriting. Martha juga kembali menegaskan pentingnya kebiasaan membaca dan menulis bagi generasi digital native dewasa ini. 

“Terlepas dari generasi apapun itu, saya lebih suka menyebutkan bahwa kita generasi digital native, yang artinya harus senantiasa beradaptasi dengan era digital. Banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila selalu berusaha menyesuaikan diri dengan era saat ini,” ujar Martha.

Terakhir, kegiatan ‘Creative Workshop: Narasi & Komunikasi Era Digital Vol.1’ turut menghadirkan seorang brand designer ternama, Rio Purba. Datang dari Medan, Rio berkesempatan menyampaikan materi berjudul ‘Element of Design and Design Principle’. Dalam pemaparannya, Rio juga memotivasi para peserta untuk mengembangkan kreativitasnya, termasuk mengajak para peserta untuk mengikuti JNE Content Competition 2024.

Workshop ini merupakan bagian dari ajang JNE Content Competition 2024 yang telah digelar selama sebelas tahun. Dalam hal ini, Tel-U berkesempatan sebagai tempat pertama yang disambangi pada pelaksanaan Creative Workshop di tahun 2024.  

Penulis: Aqila Zahra Qonita| Editor: Adrian Wiranata | Foto: Public Relations

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *