03 Jul 2020

Tel-U Jalani Audit Surveillance II ISO 9001 : 2015

BANDUNG, Telkom University – Memasuki era New Normal saat ini, Telkom University (Tel-U) akan terus meningkatkan mutu pendidikan dengan melaksanakan audit mutu eksternal guna menjaga mutu instansi sebagai prioritas.

Pelaksanaan audit mutu eksternal ISO 9001:2015 ini dilakukan secara daring melalui aplikasi ZOOM dengan auditor Ade Haris Mustafa dari BSI (British Standards Institution).

ISO 9001:2015 adalah suatu standar internasional untuk sertifikasi sistem manajemen mutu atau sertifikasi sistem manajemen Kualitas. Dimana sebelumnya Telkom University telah meraih ISO 9001:2008 dan dinyatakan Resertifikasi dari ISO 9001:2008 menjadi ISO 9001:2015 oleh Badan Sertifikasi BSI ditahun 2018.

Pada pembukaan Meeting Surveillance Audit 2 ISO 9001 : 2015 auditor Ade Haris mengatakan bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 24 – 26 Juni 2020, dimana pada hari pertama akan melihat management review, dilanjutkan pembahasan tentang admisi.

“Dimasa new normal ini, kami ingin melihat bagaimana Telkom University dalam proses pembelajaran di fakultas, rekrutmen mahasiswa baru, setelah itu kami lanjutkan pembahasan untuk student affair guna melihat kesiapan Tel-U dalam kegiatan mahasiswa.” Ucapnya.

Pada audit kali ini Ade menambahkan akan dilaksanakan audit untuk fakultas, yakni dihari pertama masuk Fakultas Komunikasi dan Bisnis, kemudian dihari kedua Fakultas Industri Kreatif, Fakultas Ilmu Terapan dan Direktorat Pengembangan Karir. Lalu dihari terakhir masuk kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

“Melalui audit ini kami bukan mencari kekurangan, tapi audit ini dilakukan untuk mengembangkan hal-hal positif yang ada di Telkom University sehingga bisa diimprove menjadi lebih baik lagi.” Ucapnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Telkom University Dr. Dadan Rahadian menjelaskan bahwa audit mutu eksternal ini dirasa perlu untuk bersama-sama meningkatkan mutu pendidikan khususnya ditengah pandemik.

“Dimasa pandemik ini kami telah melaksanakan audit internal secara daring, dan melalui audit eksternal ini merupakan salah satu new normal yang kita jalani dalam proses penjaminan mutu, saya berharap audit ini bisa berlangsung dengan baik, sehingga hasilnya baik untuk bersama-sama mengembangkan institusi ini.” Ucapnya.