Telkom University bersama Politeknik Negeri Padang Lakukan Pendampingan Digital Marketing

abdimas digital marketing

BANDUNG, Telkom University – Ekonomi saat ini perlahan mulai merangkak naik, peningkatan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) kini mampu mendominasi. Namun, keterbatasan kemampuan digitalisasi menjadi sebuah tantangan bagi pelaku bisnis.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, tim Dosen dari Program Studi (Prodi) Digital Public Relations Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University bersama tim dari Politeknik Negeri Padang lakukan pendampingan digital marketing kepada pelaku UMKM di Cimahi, yang berlangsung di Cimahi Techno Park, Kamis (20/10).

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini diawali dengan pembukaan dari Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Cimahi. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. Martha Tri Lestari, S.Sos., M.M yang membahas tentang “Teknik Public Speaking Bagi Wirausaha Baru UMKM Kota Cimahi”

Menurut Martha tujuan public speaking adalah bagaimana pesan diterima oleh publik. Sehingga diperlukannya sikap percaya diri, kenyamanan dan mampu menguasai materi (materi dan audience).

“Ciptakan suasana yang hangat. Batasan itu ada, namun jangan sampai hilangnya hubungan dengan audience. Dengan begitu kita harus percaya diri untuk mampu membuat audience/pembeli kita percaya bila produk kita yang paling baik” – Begitu menurut Martha.

Materi kedua tentang “Marketing Conventional vs Marketing Digital” yang disampaikan oleh Afifah, M.Si., pada pembahasan terkait Digital Marketing, dijelaskan bahwa terdapat 3 fenomena konsumen saat ini yaitu dekat dengan teknologi, berkumpul dan selalu update.

“Setiap produk bakal berbeda target pasarnya, sehingga sesuaikan media pendekatannya”. Jelas Afifah.

Selaras dengan materi sebelumnya, “Teknik Membuat Iklan dan Membuat Narasi Produk” menjadi materi yang disampaikan oleh Fitri Adona, M.Si.

Dalam memproduksi iklan, sangat penting memperhatikan isi konten dan penulisannya. Fitri memaparkan bahwa netizen saat ini tertarik pada hal baru selama 8 detik awal. Terlebih bilamana pesan dikemas dengan emosional yang selaras dengan produk jual kita.

Tak hanya materi, pada kegiatan ini tim dosen melakukan praktik/simulasi dengan para pelaku usaha dalam menggunakan tools dari media digital seperti website, media sosial dan editing konten. Praktik ini dipandu oleh Dr. Yuhefizar, S.Kom., M.Kom.

Dengan telah terlaksananya Pendampingan Digital Marketing ini diharap mampu menjadi modal dalam beradaptasi dan mengembangkan usahanya. UMKM Bangkit, Indonesia Maju!

Penulis: Martha Tri Lestari | Editor: Adrian | Photo: Martha Tri Lestari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *