12 Okt 2021

Telkom University PTS Terbaik di Bidang Keilmuan Teknik dan Ilmu Komputer

BANDUNG, Telkom University – Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) kembali mengeluarkan peringkat universitas dunia berdasarkan Bidang Keilmuan. Dilansir dari laman www.timeshighereducation.com,  Telkom University berhasil meraih peringkat 1 untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia berdasarkan bidang keilmuan Teknik dan Ilmu Komputer.

Dalam pemeringkatan berdasarkan subject atau bidang keilmuan tertentu, Telkom University berhasil menempati posisi keempat di Indonesia untuk subject Computer Science (Ilmu Komputer) dan berada pada peringkat 601-800 dunia.

Beberapa perguruan tinggi yang berhasil masuk ke dalam 4 besar Pemeringkatan dunia untuk subject Computer Science di Indonesia adalah, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Telkom University. Ini menjadikan Telkom University sebagai universitas swasta terbaik dalam bidang Computer Science di Indonesia.

Selain itu Telkom University juga berhasil masuk ke dalam posisi enam Indonesia pada bidang keilmuan engineering (Teknik), dan berada pada posisi 801-1000 dunia.

Beberapa perguruan tinggi yang berhasil masuk ke dalam Pemeringkatan dunia untuk subject engineering diantaranya adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Telkom University. Lagi-lagi ini menunjukkan bahwa Telkom University sebagai universitas swasta terbaik untuk bidang engineering di Indonesia.

THE World University Rankings merupakan Lembaga pemeringkatan yang telah diakui global dan salah satu penyedia peringkat teratas untuk penilaian kualitas institusi di seluruh dunia. Pada THE World University Rankings 2022 kali ini, sebanyak 1.600 universitas dari 99 negara dan wilayah masuk dalam pemeringkatan sehingga menjadikan THE sebagai pemeringkatan universitas terbesar dan paling beragam hingga saat ini.

Menurut THE Word University Rankings, subject computer science tahun ini mencakup 891 universitas dari seluruh dunia, sedangkan pada subject engineering mencakup 1.188 Universitas seluruh dunia, di mana komponen penilaian menyoroti universitas dalam disiplin ilmu, teknik umum, teknik listrik dan elektronik, teknik mesin dan ruang angkasa, teknik sipil dan teknik kimia.

Rektor Telkom University Prof. Dr. Adiwijaya mengucapkan selamat atas capaian yang diraih Telkom University, menurutnya ini merupakan hasil kerja keras dan kerja cerdas dari sivitas akademika Telkom University serta kontribusi dari para alumni dan seluruh stakeholders.

“Prestasi ini merupakan amanah bagi kita (Tel-U) untuk terus memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia, kami berharap capaian ini dapat bermanfaat tidak hanya untuk sivitas akademika tetapi juga menjadi penyemangat untuk kita semua dalam memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat dan bangsa Indonesia.” Jelasnya. (***)

Previous Article Next Article

Tinggalkan Balasan