13 Mei 2020

Kajian Ramadhan Telkom University

BANDUNG, Telkom University – Mengisi kegiatan di bulan Ramadhan, Telkom University menggelar kegiatan Kajian Ramadhan, mengusung tema “Berkah Ramadhan Selama Masa Pandemi Covid-19 Dalam Dunia Pendidikan”, acara ini berlangsung secara live di Youtube Channel Telkom University dan Aplikasi Meeting Zoom, Rabu (13/5).

Menghadirkan pembicara Dr. Aam Amiruddin selaku Pembina Percikan Iman, sekaligus dosen Universitas Pasundan Bandung, acara ini diikuti oleh seluruh sivitas akademika Tel-U yang juga dapat disaksikan oleh masyarakat umum.

Dr. Aam menjelaskan bahwa dibulan yang penuh berkah ini, mari bersama-sama membangun keberkahan, dimana ada 3 keberkahan yang harus diterapkan dalam kehidupan kita, yang pertama adalah, berkah Umur, kemudian berkah harta dan yang terakhir adalah berkah keluarga dan keturunan.

“Kita harus meraih ketiga keberkahan itu, mumpung kita masih menjalankan ibadah dibulan Ramadhan, yang pertama adalah berkah umur, dimana berkah umur yang kita jalani harus Husnul Bidayah wa Husnul Khatimah, kemudian Su’ul Bidayah wa Husnul Khatimah.” Jelasnya.

Selain itu untuk meraih berkah harta, Aam menambahkan, hal yang harus dilakukan adalah setiap harta yang dimilki harus bersumber secara halal, kemudian bersihkan harta melalui sedekah.

“Selain itu harta yang kita miliki juga harus memiliki manfaat yang baik untuk bekal akhirat kita, kemudian harus memiliki maslahat untuk meringankan beban, dan jauhi tabdzir (menggunakan harta untuk hal tidak berguna).” Jelasnya.

Kemudian yang ketiga dalam meraih keberkahan dibulan Ramadhan adalah berkah keluarga dan keturunan, dimana ada 3 keberkahan yakni Zoonatunatul Hayaat (QS, 18:46, keluarga dan keturuan yang berprestasi secara duiawi, yang kedua adalah finatun (QS 25:74) keluarga dan keturunan yang menjadi sumber penderitaan yang ketiga adalah Qurrata A’yun (QS. 25:74), Keluarga dan keturunan yang menjadi penyejuk hati.

Dr. Aam juga menjelaskan bahwa ditengah pandemic ini mari bersama-sama kita bersyukur masih bisa menjalani bulan Ramadhan ditengah wabah ini, masih banyak berkah yang dapat kita ambil ditengah wabah ini.

“Ditengah pandemic ini marilah kita meraih berkah, yang pertama terima denga ridha, yang kedua adalah berdamai dengan musibah yang adalah, asah jiwa sabra dan syukur, dan yang terakhr bingkai dengan doa.” Ucapnya.

Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh sivitas akademika baik dosen dan mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan ini, menurutnya kegiatan ini bisa dijadikan tauladan bagi seluruh sivitas akademika dalam beraktifitas di masyarakat.

“Semoga kegiatan ini bisa membawa berkah bagi kita semua, dan saya berpesan agar kajian ini bisa dijadikan tauladan bagi kita sebagai dosen untuk diterapkan kepada mahasiswa kita, karena sebagai tenaga pengajar harus memberikan contoh yang baik untuk mahasiswa kita, agar para mahasiswa juga bisa menerapkannya dalam lingkungan bermasyarakat.” Ucapnya.

Previous Article Next Article