Srikandi BUMN Goes to Campus: Ajak Mahasiswa Tel-U Berkontribusi pada Negeri   

Foto Artikel (6)

Bandung, 25 September 2023 

PT Pos Indonesia (Persero) melalui Srikandi BUMN berkolaborasi dengan Telkom University (Tel-U) menggelar program Srikandi BUMN Goes to Campus yang diselenggarakan di Gedung Damar Tel-U pada Senin (25/9). Dengan menyusung tema “Meraih Mimpi Berkontribusi Untuk Negeri”, Pos Indonesia mengajak mahasiswa Tel-U untuk secara konsisten berkontribusi terhadap perekonomian dan pemberdayaan masyarakat melalui program inisiatif BUMN terkait keberagaman dan inklusi, serta memberikan inspirasi guna menarik minat TelUtizen untuk berkarir di BUMN. 

Hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut, Direktur Human Capital Biofarma Endang Suraningsih dan Head of Education Ecosystem Telkom Indonesia Sri Safitri. Selain itu, hadir juga menyampaikan Keynote Speech, Direktur Human Capital Management Pos Indonesia Asih Kurniasari, Direktur Business Development & Portfolio Management Pos Indonesia Prasabri Pesti, dan Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Tonggo Marbun. 

Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya dalam sambutannya menyampaikan agar TelUtizen dapat mengikuti jejak senior alumni Tel-U yang mana ratusan dari mereka sudah menjadi senior leader di BUMN. Ia berharap kedepannya mahasiswa Tel-U mampu berkiprah dan memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa, salah satunya dengan berkarir dan mengembangkan potensi bersama BUMN.  

“Perusahaan yang akan tumbuh besar dan berkembang adalah mereka yang mampu memahami customer experience. Ini merupakan hal yang luar biasa bagi pengembangan bangsa ini, dimana BUMN secara serius tidak hanya merekrut tetapi juga menumbuhkembangkan talent-talent terbaik untuk kemajuan bangsa Indonesia,” ungkap Adiwijaya. 

Sementara itu, Direktur Human Capital Management Pos Indonesia Asih Kurniasari yang hadir sebagai Keynote Speaker menyampaikan bahwasanya Indonesia diprediksi akan menjadi negara berkekuatan ekonomi dunia pada tahun 2045. BUMN melalui transformasi dan inovasi, menjadi katalisator pertumbuhan perekonomian Indonesia. Dengan keterlibatannya bersama BUMN, mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan, perilaku, keterampilan, dan nilai-nilai luhur, berkembang secara personal dan profesional, serta memberikan kontribusi, andil, dan manfaat untuk Indonesia.  

“BUMN sebagai Value Creator dan Agent of Development untuk Long Term Sustainability memastikan strategi pertumbuhan bisnis BUMN tetap berpegang pada manajemen risiko yang  baik dan memastikan BUMN menjadi yang terdepan dalam menyejahterakan masyarakat, serta bersedia menjadi agen perintis. Melalui Srikandi BUMN yang memberikan wadah bagi perempuan untuk berkarya di BUMN, komitmen dalam memberikan kontribusi yang optimal kepada negara akan terlaksana. Tidak hanya perempuan, para talenta muda yang berkarir bersama BUMN juga berperan dalam mewujudkan manajemen korporasi yang profesional dan berdaya saing secara global,” ujar Asih.  

Direktur Business Development & Portfolio Management Pos Indonesia, Prasabri Pesti melalui pemaparannya menjelaskan pentingnya transformasi yang disebabkan hilangnya daya saing, financial crisis, dan digitalisasi. Pos Indonesia melakukan transformasi serta inovasi untuk membuat perusahaan tetap relevan dengan hari ini dan masa depan.   

“Transformasi yang diterapkan Pos Indonesia dalam ranah bisnis berfokus untuk memperkuat bisnis logistik, memperkuat bisnis wholesale & international, serta meningkatkan aset property. Sementara transformasi dalam digitalisasi Pos Indonesia diterapkan melalui aplikasi kurir PosAja! dan aplikasi super apps Pospay. Transformasi ini membuahkan hasil dalam financial performance, operation & brand value, serta human capital,”  Prasabri.  

Senada dengan Prasabri, Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Tonggo Marbun menjelaskan, Pos Indonesia terus mengembangkan kompetensi “ambidexterity” dalam menghadapi tantangan saat ini dengan bertransformasi dan berinovasi. Pos Indonesia merelevankan dengan tantangan masa kini dan masa depan.  

“Dengan perubahan ini, kita harus terus belajar dan berlatih. Harus mampu membuka pikiran terhadap apa yang dilakukan kompetitor sebagai bahan untuk mengembangkan korporasi. Apa pun peran Anda nanti, lakukan yang terbaik, sehingga orang lain akan terbuka untuk berkolaborasi dan menanamkan kepercayaan,” ujar Tonggo.  

PT Pos Indonesia sebagai BUMN berkomitmen untuk terus mendorong semangat keterlibatan perempuan melalui komunitas Srikandi BUMN. Hal ini sejalan dengan komitmen Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan keterwakilan perempuan hingga 30% di parlemen dan berbagai pembuat kebijakan. Sejalan dengan hal tersebut, menurut Menteri BUMN Erick Thohir, 25% kepemimpinan perempuan ada di BUMN karena perubahan banyak didorong oleh kaum wanita. 

Penulis: Isnaini Amirotu N | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *