31 Jan 2020

Tel-U Gelar Sosialisasi Penelitian Rispro

BANDUNG, Telkom University – Guna meningkatkan kualitas penelitian di Telkom University, Telkom University melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian masyarakt bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menggelar kegiatan Sosialisai Seleksi Penerimaan Proposal Penelitian RISPRO LPDP tahun 2020.

Acara ini berlangsung di Ruang Multimedia Gedung Bangkit Lantai 2 Telkom University, Rabu (29/1). Dalam acara ini turut hadir sebagai pembicara yaitu Prof. Anny Sulaswatty yang merupakan Reviewer RISPRO LPDP sekaligus Profesor Riset LIPI, dengan peserta anggota dan Ketua Kelompok Keahlian Telkom University.

Prof. Anny mengatakan bahwa Telkom University sebagai perguruan tinggi swasta yang saat ini menempati klaster mandiri, sudah sangat diuntungkan dalam proses pendanaan melalui proposal riset LPDP.

“Saat ini ada 3 jenis rispro, yaitu Rispro Kompetisi, Rispro Invitasi dan Rispro Internasional, Rispro Kompetisi memiliki pendanaan mencapai 6 miliar untuk 3 tahun sedangkan untuk Rispro Invitasi yang dikususkan untuk perguruan tinggi yang menempati klaster mandiri memiliki pendanaan yang lebih dari 6 miliar bahkan tidak dibatasi.” Ucapnya.

Untuk tahun ini (2020) Prof. Anny menambahkan bahwa tema yang akan diangkat untuk rispro invitasi adalah making Indonesia 4.0, dan itu mencakup 5 sekor, yakni makanan & minuman, pakaian (Tekstil), otomotif, Kimia dan Elektronik.

“Sejak tahun 2016 sampai saat ini yang saya tau baru ada 2 peneliti di Telkom University yang proposal nya tembus di LPDP yakni Dr. Khoirul Anwar dan Dr. Maman Abdurohman, saya harap Tel-U sebagai perguruan tinggi yang berfokus dibidang ICT tahun ini dapat memanfaatkan tema rispro invitasi tersebut yakni Making Indonesia 4.0.” Ucapnya.

Wakil Rektor Bidang Penelitian Telkom University Dr. Rina Pudji Astuti dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini harus dimaksimalkan dengan baik oleh para peneliti di Telkom University, agar bisa terus meningkatkan kualitas penelitian di Indonesia.

“Kami berharap melalui kegiatan ini bisa menambah peneliti Tel-U yang mendapat hibah LPDP, mungkin saat ini baru 2 peneliti Tel-U yang mendapat hibah LPDP, tapi mudah-mudahan melalui acara ini bisa menumbuhkan semangat yang jauh lebih baik kedepannya.” Ucapnya.

(NAI)