Telkom University Kembangkan Penerangan Jalan Umum Energi Terbarukan Di Desa Margamukti Pengalengan
21 Des 2020

Telkom University Kembangkan Penerangan Jalan Umum Energi Terbarukan Di Desa Margamukti Pengalengan

BANDUNG, Telkom University – Desa Margamukti terletak di kecamatan Pengalengan Kabupaten Bandung dimana kehidupan warganya tergantung pada hasil tani dan ternak. Sebagai desa yang sebagian besar kampungnya terletak di area perkebunan teh dimana akses jalan menuju Kampung sangat gelap sekali karena belum memiliki lampu penerangan jalan umum.

“Sampai saat ini untuk distribusi Penerangan Jalan Umum (PJU) dari akses kebun teh menuju kampung Padamukti masih belum tersentuh PLN,” ungkap Dharmawan sebagai ketua Komunitas Muda Mudi Padamukti.

Menurut Dharmawan, warga Kampung Padamukti sangat mengharapkan dibangunnya infrastruktur PJU di Kampung Padamukti di beberapa titik area jalan umum yang melewati perkebunan teh untuk mendukung keamanan aktifitas warga di malam hari. Dharmawan mengungkapkan selama ini banyak warga yang resah terhadap aksi pembegalan di area jalan tersebut terutama bagi para kaum wanita.

Menjajaki permasalahan tersebut, Dosen Universitas Telkom berusaha menjembataninya dalam sebuah Program Kemitraaan Masyarakat (PKM) untuk membantu mengembangkan pembangunan Penerangan Jalan Umum Energi Terbarukan Berbasis Panel Surya di Kampung Padamukti yang berada di Wilayah Desa Margamukti. Pemilihan penggunaan teknologi Energi Terbarukan berbasis Panel Surya didasarkan karena melihat potensi wilayah geografis Desa Margamukti yang berada di area pegunungan dan banyak mendapatkan intensitas cahaya matahari langsung serta PJU Panel Surya tidak membutuhkan konsumsi listrik dari PLN.

“Kami sebagai Tim Dosen Universitas Telkom akan membangun PJU berbasis Panel Surya di dua titik area perkebunan teh yang merupakan akses jalan umum menuju Kampung Padamukti dan penempatannya telah kami koordinasikan dengan Kepala Desa Margamukti dan Ketua RT/RW Kampung Padamukti,” Ujar Tri Nopiani Damayanti sebagai Ketua PKM.

Selain itu beliau menuturkan bahwa pembangunan PJU berbasis Panel Surya merupakan salah satu rangkaian program PKM yang diterima oleh Tim Dosen Universitas Telkom dari Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) Republik Indonesia tahun 2020.

Tim Dosen Universitas Telkom terdiri dari Tri Nopiani Damayanti sebagai Ketua PKM, dengan anggota Ratna Gema, dan Irma Safitri. Pelaksanaan PKM ini berkolaborasi dengan Komunitas Muda-mudi Kampung Padamukti dimana pembangunan PJU Panel Surya dimulai pada tanggal 5 September 2020 di Kampung Padamukti. Saat Pembangunan PJU berbasis Panel Surya, Tim dosen dibantu oleh para Mahasiswa  Universitas Telkom selain itu juga dibantu oleh warga Kampung Padamukti.

“Kami berharap pembangunan Penerangan Jalan Umum Berbasis Panel Surya ini dapat membantu meningkatkan keamanan aktivitas warga di malam hari serta sebagai langkah awal mewujudkan Kemandirian dan Ketahanan Energi bagi Desa Margamukti sehingga dapat mengurangi konsumsi beban listrik PLN dalam infrastruktur desanya “, ungkap Tri Nopiani Damayanti saat menutup acara pembangunan PJU Panel Surya di Kampung Padamukti.

Previous Article Next Article

Tinggalkan Balasan