10 Agu 2021

Telkom University Raih Bintang Empat Pada Pemeringkatan UPM

BANDUNG, Telkom University – Dunia pendidikan saat ini sangat berkaitan dengan revolusi industri 4.0, dimana sektor pendidikan sangat diperlukan untuk mendukung pola belajar dan pola berpikir serta mengembangkan inovasi kreatif dan inovatif dari peserta didik, guna mencetak generasi penerus bangsa yang unggul dan mampu bersaing.

Dalam menghasilkan generasi yang siap di masa yang akan datang, Telkom University telah siap melalui program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” yang diusung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pada program tersebut kampus dituntut untuk mengembangkan strategi pendidikan guna menghasilkan sumber daya manusia yang adaptif dan siap bersaing di era otonomi dan disruptif ini.

Program yang dijalani Telkom University saat ini telah diakui secara dunia, hal tersebut dibuktikan dengan diraihnya peringkat dari University Performance Metric (UPM) berupa perolehan bintang empat (4 stars) Research Oriented University dan skor sebesar 714.5 dari skor maksimum 1000.

Capaian tersebut menempatkan Telkom University pada peringkat ke-8 di Asia dan Peringkat pertama (1) di Indonesia.

UPM sendiri merupakan sistem penilaian institusi pendidikan tinggi yang mengukur daya tanggap perguruan tinggi di era revolusi industri ke-4 saat ini, yang diprakarsai oleh para peneliti dari Vietnam National University, Hanoi, dan pengembangannya didanai oleh Kementerian Pendidikan dan Pelatihan Vietnam. UPM mengintegrasikan ciri utama akreditasi pendidikan dengan peringkat dan pemeringkatan pendidikan tinggi, sekaligus secara khusus berfokus pada 5 karakteristik inti pendidikan tinggi 4.0, yaitu: kewirausahaan, inovasi, transformasi digital, mobilitas mahasiswa dan nilai-nilai etika

UPM mengevaluasi kinerja universitas dalam dua aspek yaitu riset dan penerapannya melalui 8 kategori yang dijabarkan ke dalam 54 indikator. Hasil evaluasi akan disajikan dalam bentuk skor keseluruhan untuk institusi dan untuk setiap kategori berupa bintang berjumlah 1 – 5.

Berikut adalah 8 kategori dan capaian yang diraih Telkom University.

  1. Strategic Governance: Rating 5 dengan skor 49 dari maksimal skor 60.
  2. Education: Rating 4 dengan skor 195.5 dari maksimal skor 350.
  3. Research: Rating 5 dengan skor 155 dari maksimal skor 200.
  4. Innovation: Rating 5 dengan skor 85.5 dari maksimal skor 110.
  5. Innovation Ecosystem: Rating 5 dengan skor 46 dari maksimal skor 60.
  6. IT Infrastructure: Rating 5 dengan skor 83.5 dari maksimal skor 100.
  7. Internationalization: Rating 4 dengan skor 40 dari maksimal skor 60.
  8. Community Services: Rating 5 dengan skor 60 dari maksimal skor 60.

Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya menyampaikan bahwa dunia pendidikan di era industry 4.0 ini kurikulum yang diterapkan harus bisa menyesuaikan kebutuhan dimasa yang akan datang. Oleh karena itu Telkom University telah menerapkan kurikulum berbasis Work Ready Program melalui program internship, entrepreneurship dan researchship.

“Diraihnya pemeringkatan UPM Telkom University saat ini merupakan bukti Telkom University telah mempersiapkan generasi bangsa dimasa yang akan datang, melalui kurikulum yang ada di Telkom University yang disesuaikan dengan perubahan industry saat ini.” Jelasnya.

Selamat kepada seluruh sivitas akademika Telkom University atas capaian ini, terimakasih telah mengharumkan nama Telkom University di dunia Internasional.

Previous Article Next Article

Tinggalkan Balasan